Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Skill Era 4.0, Kominfo-DQLab Gelar Pelatihan Data Science Gratis

Kompas.com - 15/02/2022, 16:46 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Hampir semua perusahaan kini berlomba-lomba menggunakan data untuk meningkatkan bisnis mereka. Tak heran bila Indonesia membutuhkan sembilan juta talenta digital hingga 2035 mendatang atau sekitar 600.000 talenta digital per tahun.

Guna mendukung melahirkan calon talenta data di Indonesia, DQLab sebagai platform edukasi online bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan Professional Academi Digital Talent Scholarship dengan tujuan membantu mempersiapkan kompetensi calon talenta data menghadapi revolusi industri 4.0.

Beasiswa ini terbuka untuk umum, pendaftaran masih dibuka hingga 27 Februari 2022.

Baca juga: Sea Buka Beasiswa Penuh 2022 di UI, UGM, ITB, IPB, Binus, IT Del

Bangun skill untuk berkarier di era Revolusi Industri 4.0

Menurut World Economic Forum’s Future of Jobs Reports, banyak pekerjaan di tahun 2025 yang mengombinasikan kinerja mesin dan manusia.

Meski nantinya bidang kerja banyak menggunakan mesin dan algoritma, namun keduanya tetap dikelola oleh manusia yang berkompeten dan memiliki skill di bidang tersebut.

Untuk itu, ada beberapa kriteria skill yang perlu dikuasai di 2025, di antaranya yaitu:

  • Analytical thinking and innovation
  • Active learning and learning strategies
  • Complex problem-solving
  • Critical thinking and analysis
  • Creativity, originality and initiative
  • Leadership and social influence
  • Technology use, monitoring and control
  • Technology design and programming
  • Resilience, stress tolerance and flexibility
  • Reasoning, problem-solving and ideation

Baca juga: Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Memiliki skill tersebut dibutuhkan waktu yang tidak singkat, maka untuk mulai mengasahnya salah satu metode yang tepat yaitu mengikuti pelatihan Data Science.

Dengan pelatihan Data Science, kamu tidak hanya mengembangkan hard skill melainkan juga soft skill.

Pada dasarnya, ilmu Data Science merupakan salah satu bidang ilmu yang penting dan berdampak, sehingga kemungkinan besar banyak model bisnis membutuhkan calon talenta data untuk membantu memahami data yang kompleks serta kerja sama tim di industri.

Terlebih, memasuki era digitalisasi, sudah semakin banyak startup di Indonesia yang membutuhkan praktisi data. Sehingga, mengikuti pelatihan Data Science dapat menjadi sebuah "investasi" ilmu yang sangat berharga untuk meningkatkan daya saing di tahun 2025.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Metaverse, Mahasiswa Harus Tahu

Cara daftar

Dengan kamu mengikuti program beasiswa yang tersedia, keuntungannya kamu akan semakin siap menghadapi revolusi industri dan mempersiapkan skill untuk di tahun 2025.

Peserta program beasiswa juga akan mendapatkan module interaktif DQLab, sesi mentoring bersama praktisi data di industri hingga mendapatkan certifcate of completion dan certicate competence melalui proyek data mendatang.

Bagi kamu yang tetarik untuk mengikuti program beasiswa yang diselenggarakan oleh DQLab dan Kominfo, yuk daftarkan dirimu sekarang melalui laman https://www.dqlab.id/beasiswa-gratis-dqlab-kominfo 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com