Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMJ Angkat Sumpah 103 Lulusan Keperawatan dengan Pengalaman Penanganan Covid-19

Kompas.com - 10/02/2022, 10:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar seremoni angkat sumpah lulusan Program Studi Profesi Ners dan Diploma III Keperawatan pada Rabu, 09 Februari 2022 di Gedung Pewayangan TMII Jakarta.

Angkat sumpah Profesi Ners diikuti 103 mahasiswa lulusan program Studi Ners dan Diploma III Keperawatan yang terdiri dari 16 mahasiswa, 89 mahasiswi.

“Lulusan Profesi Ners UMJ memiliki pengalaman langsung dalam penanganan Covid-19 dan Vaksinator di beberapa rumah sakit, di antaranya Rumah Sakit PON, Rumah Sakit Islam Sukapura, Rumah Sakit Tarakan, Rumah Sakit Koja, dan Puskesmas Kecamatan Cakung," ungkap Dekan FIK UMJ Michiko Umeda melalui rilis resmi (10/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Michiko juga berpesan pada lulusan untuk terus mengembangkan ilmu dan pengalaman sebagai perawat.

“Saudara harus selalu berkembang, dan jujur dalam melayani masyarakat. Mengamalkan ilmu merupakan sebuah amal ibadah sebagai seorang muslim. Perawat lulusan UMJ harus selalu menjunjung tinggi nama baik almamater karena setiap pergerakan saudara sebagai perawat merupakan dakwah amal ma’ruf nahi munkar," tegas Michiko.

Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) UMJ Prof. Agus Suradika, dalam kesempatan sama juga berpesan pada para lulusan untuk melayani masyarakat dengan baik.

“Angkat sumpah Profesi Ners dan Perawat bukan hanya sekedar sumpah. Posisikan Tuhanmu diatas segala-galanya dan jadikan lah sumpah tersebut adalah janji kalian seumur hidup, dalam menjalankan tugas sebagai perawat,” pesannya.

Rektor UMJ, Ma’mun Murod dalam sambutannya menyampaikan menjadi seorang perawat adalah tugas yang sangat mulia. Seorang perawat membutuhkan ketulusan dalam merawat. Dalam diri perawat terdapat tanggung jawab sosial keagamaan.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Kesehatan yang Lulusannya Banyak Dicari Dunia Kerja

 

“Tanggung jawab sosial yaitu tidak membeda-bedakan antara agama, suku, ras, dan lain sebagainya. Siapapun harus dilayani dengan baik tanpa melihat background dari pasien, serta tanggung jawab keagamaan terutama nilai-nilai dalam ajaran agama Islam,” jelas Ma’mun.

Wisudawan terbaik

Wisudawan terbaik dalam Angkat Sumpah Profesi Ners ini terdapat 3 (tiga) lulusan terbaik dengan kriteria berprestasi, kedisiplinan, dan keaktifan yaitu:

  • Zibril Khaidir Dayastri (IPK 3,91)
  • Radiantan Halila (IPK 3,96)
  • Annisa Ayu Karima (IPK 3,98)

Serta wisudawan berprestasi lainnya terdapat 9 sembilan lulusan terbaik:

  • Aina Lutfiatun Nisa (IPK 3,90)
  • Putri Larasati Andini (IPK 3,90)
  • Ranny Rahmawati (IPK 3,90)
  • Fajar Yuliyana (IPK 3,89)
  • Lia Apriliani (IPK 3,89)
  • Diah Fauziyyah (IPK 3,88)
  • Indah Ayu Lestari (IPK 3,88)
  • Intan Permatasari (IPK 3,88)
  • Siti Sulaekah (IPK 3,88).

Angkat Sumpah Profesi Ners dan Diploma III Keperawatan ini dilakukan Ns. Jajang Rahmat Solihin sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah DKI Jakarta Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Muhammad Hadi, menyampaikan, Fakultas Ilmu Keperawatan UMJ selalu menyumbangkan lulusan terbaiknya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia dalam penanganan pandemi covid-19.

Baca juga: UMY Luncurkan Aplikasi untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Mahasiswa

“Kualitas lulusan Perawat FIK UMJ tidak diragukan lagi karena dididik melalui prodi yang terakreditasi A dan Unggul, sepert D3 akreditasi A, S1 keperawatan akreditasi A, Profesi Ners akreditasi A, S2 keperawatan akreditasi Unggul, Spesialis Medikal Bedah akreditasi Unggul dan Spesialis Keperawatan Komunitas terakreditasi dan sedang persiapan akteditasi LAM PTKes. Rata-rata tingkat kelulusan uji kompetensi nasional mencapai 98 persen," pungkas Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com