Kompas.com - 04/02/2022, 13:19 WIB

KOMPAS.com - Jurusan kuliah di bidang kesehatan tak hanya terbatas pada kedokteran, kedokteran gigi, farmasi atau psikologi. Ada sejumlah jurusan bidang kesehatan yang lulusannya banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Bila kamu merupakan siswa jurusan IPA yang berencana melanjutkan kuliah dan ingin berkarier di industri kesehatan, ada empat jurusan kuliah yang bisa dipertimbangkan,

Berikut, jurusan-jurusan kuliah bidang kesehatan lain yang lulusannya banyak dicari di dunia kerja, merangkum laman Quipper Campus:

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

1. Teknik Biomedik

Rumah sakit memiliki deretan alat-alat canggih masa kini seperti pengukur detak jantung, CT-Scan, MRI, hingga mesin yang digunakan untuk rontgen. Semua peralatan ini merupakan hasil dari pengembangan teknologi dan ilmu biomedis.

Jurusan Teknik Biomedis merupakan gabungan dari dua ilmu penting yaitu ilmu teknik atau engineering dan ilmu medis atau kedokteran.

Tujuan dari bidang ilmu ini sebenarnya untuk mengembangkan teknologi dalam bidang kedokteran atau medis.

Lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa melakukan pengukuran, perawatan, dan kalibrasi peralatan medis yang ada di rumah sakit.

Bukan cuma itu, para lulusan Teknik Biomedis juga diharapkan bisa mengembangkan teknologi atau perangkat baru yang berguna di bidang kesehatan.

Baca juga: 5 Kota di Pulau Jawa dengan Biaya Hidup Murah bagi Mahasiswa

2. Radiologi

Radiologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia menggunakan implementasi radiasi gelombang.

Awalnya, teknologi radiologi yang digunakan untuk memindai kondisi tubuh manusia menggunakan radiasi sinar-x. Namun, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kini tidak hanya lagi menggunakan sinar-X tetapi menggunakan ultrasonik (MRI dan USG).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.