Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Kehidupan Pascakampus, Iluni UI Ingatkan Pentingnya Membangun Karakter

Kompas.com - 09/02/2022, 15:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) berkolaborasi dengan Direktorat Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI dan Komunitas MCC menggelar program mentoring dan coaching Future Star Corps "Biarkan Karyamu Jadi Dutamu: Be Your Authentic Self”.

Acara yang digelar pada Sabtu, 5 Februari 2022 ini bertujuan membekali para mahasiswa tingkat akhir dan alumni muda dalam berkarier lewat mengenal potensi dan jati diri yang otentik.

Dikutip dari rilis resmi,  Ketua Almamater Center Iluni UI Try Sutrisno Gaus menyampaikan, program Future Star Corps merupakan salah satu usaha nyata Iluni UI dalam mempercepat jumlah alumninya untuk bisa berkontribusi secara efektif ketika mengawali kehidupan pascakampus.

Gaus juga berharap kegiatan ini dapat menjadi bukti kehadiran alumni melalui Iluni UI bagi mahasiswa dan almamater UI.

"Harapannya dengan ada kontribusi ini mereka (mahasiswa dan alumni muda) pernah merasakan bahwa alumni hadir untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi pasca kampus," tegas Gaus dalam sambutannya.

Ketua DPKHA UI Ahmad Syafiq memberikan apresiasi atas upaya Almamater Center Iluni UI dalam menyelenggarakan acara untuk almamater.

Menurutnya, acara webinar seperti Future Star Corps dan acara lain yang diselenggarakan Iluni UI dapat mempererat ikatan antara alumni dengan almamater.

”Sekarang sudah saatnya mentoring dan coaching jadi satu bagian yang sangat penting dari hubungan antara almamater dan alumninya. Salah satunya dengan memberikan pendampingan, pelatihan. Ini suatu hal yang ke depan jadi indikator penting berapa banyak alumni yang membantu adik-adik kelasnya,” kata Syafiq.

Baca juga: Fatih Bilingual School Juara DBL Aceh Series, Mehmet Cetin: Membangun Karakter Siswa lewat Olahraga

Menemukan dan menggali potensi diri

Dalam kesempatan sama, Ketua MCC Budhi Martono menekankan pentingnya menjadi diri sendiri yang terbaik. "Karena kalau menjadi diri orang lain akan lelah, tentunya perlu menjadi diri sendiri yang terbaik,” tegas coach Budi.

Ketua Departemen Alumni Mentorship Almamater Center Iluni UI Hesti Nur Lestari menambahkan, salah satu cara meraih kesuksesan adalah dengan fokus pada potensi diri.

"Kekuatan kita ada pada diri kita yang sesunggunya. Ketika kita fokus menjadi seseorang yang bukan diri kita, kekuatan kita tidak dapat termanifestasi karena tertutupi oleh topeng yang kita pasang pada diri kita,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, penulis buku “Your Journey to be The Ultimate U” sekaligus life coach Rene Suhardono membagikan berbagai tips untuk menjadi pribadi yang otentik dalam berkarier.

Menurut Rene, pada era informasi saat ini, rasa atau esensi merupakan sesuatu yang harus diperhatikan seseorang ketika bekerja. “Melalui kesadaran akan pentingnya rasa dalam diri manusia, setiap orang dapat menjadi dirinya sendiri yang otentik,” ungkapnya.

Kunci lain untuk menjadi sukses dengan diri yang otentik adalah harus sebisa mungkin menghindari tendensi generalisasi diri. Rene mengamati adanya tendensi yang sering ditemukan di masyarakat, yakni kecenderungan generalizing the whole crowd.

“Kecenderungan ini tampak ketika seseorang dengan mudah menyeragamkan karakter orang-orang yang berada di sebuah kelompok, tanpa menghiraukan adanya otentisitas atau keunikan pada masing-masing orang tersebut,” tutur dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com