Kolaborasi Universitas Pradita dan Kedubes Perancis Hadirkan Institut Francais d’Indonesie

Kompas.com - 29/01/2022, 11:14 WIB

KOMPAS.com - Universitas Pradita berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia menghadirkan Institut Francais d’Indonesie (IFI) Serpong pada Jumat, 28 Januari 2022.

“Kerja sama dengan Universitas Pradita ini menjadi awal mula yang baik dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Perancis di bidang pendidikan, melalui adanya IFI Serpong," jelas Olivier Chambard, Duta Besar Perancis untuk Indonesia dalam sambutan.

Kerja sama pendidikan dan kebudayaan di bawah Kedutaan Besar Perancis di Indonesia bidang pendidikan dan kebudayaan sebagai upaya dalam mewujudkan visi Universitas Pradita yang berwawasan global dan meningkatkan kerja sama internasional.

Stephane Dovert, Direktur IFI, mengungkapkan, kerja sama seperti ini baru kali pertama dilakukan, yaitu dengan Universitas Pradita.

“Universitas Pradita adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menyelenggarakan kerja sama secara holistik, yakni di seluruh ranah kerja sama IFI yakni pendidikan, universitas, sains dan teknologi, kebudayaan, dan yang terakhir adalah bahasa yang terimplementasikan dalam IFI Serpong ini," jelas Stephane Dovert.

"Harapan saya, kerja sama ini dapat berjalan lancar, dan bahkan berkembang ke arah yang lebih luas lagi," tambahnya lagi.

Dalam kesempatan sama, Herman Nagaria, Ketua Yayasan Pendidikan Pradita Indonesia berharap dengan adanya kerja sama ini Universitas Pradita dapat menjadi magnet bagi masyarakat luas.

“IFI yang merupakan lembaga di bawah pemerintah Perancis dipercaya dapat menambah value tersendiri bagi Universitas Pradita dan tentunya masyarakat luas di bagian barat Jakarta dan Tangerang," ujar Herman Nagaria, dikutip dari rilis resmi yang diterima Kompas.com (28/1/2022).

"Kami ingin Universitas Pradita memiliki ciri khas dalam kerja sama yang dilakukannya. Nantinya, IFI Serpong akan menjadi tempat saling bertukarnya kebudayaan dua negara, yang tentunya semakin memperkaya fitur- fitur yang terdapat di kampus ini, sehingga Universitas Pradita dapat menjadi magnet bagi masyarakat," jelasnya.

Baca juga: UPN Jogja-MSLU Sepakat Dirikan Pusat Bahasa dan Budaya Indonesia-Belarus

Rektor Universitas Pradita, Prof. Richardus Eko Indrajit berharap kerja sama ini juga akan menguntungkan sivitas akademika Universitas Pradita sendiri. IFI Serpong dipercaya dapat membuka peluang akademik bagi dosen dan mahasiswanya.

"Kehadiran IFI Serpong diharapkan dapat menjembatani dan membuka kesempatan bagi sivitas akademika dalam menemukan peluang-peluang untuk studi lanjut, penelitian, joint programs dan kegiatan akademik lainnya dengan universitas-universitas di Perancis," ungkap Prof. Richardus.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.