Kompas.com - 26/01/2022, 09:30 WIB

 

KOMPAS.com - Digitalisasi pada segala sektor kehidupan, membuat banyak orang harus memperbarui atau menambah skill (kemampuan).

Selain agar tidak kalah saing dalam bekerja, memahami dunia digital yang terus berkembang akan sangat membantu aktivitas sehari-hari.

Skill bisa diasah melalui sejumlah cara, misalnya mengikuti kelas informatika, sistem informasi, atau hal lainnya yang berhubungan dengan dunia digital.

Tetapi, ada juga skill yang perlu diadaptasikan di dunia digital atau digital workspace. Yakni, human skill atau seringkali disebut sebagai soft skill. Keduanya, adalah kemampuan yang membentuk seseorang untuk berhubungan satu sama lain.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Biasanya, mengacu pada aspek-aspek seperti empati, kasih sayang. Orang dengan human skill yang kuat dapat membentuk hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja.

Skill Ini pada akhirnya berfungsi sebagai fondasi yang kuat untuk peningkatan kinerja di tempat kerja seperti inovasi, pemikiran adaptif, dan kolaborasi. Dilansir dari laman Binus, berikut beberapa kemampuan yang harus kita miliki untuk lingkungan kerja digital di masa depan.

Empathy

Memiliki empati dan kasih sayang akan menumbuhkan harmoni dan mampu mempertahankan relasi jangka panjang di tempat kerja. Empati melibatkan kepedulian yang tulus terhadap orang lain dan mampu memahami situasi dan perspektif orang lain. Kemampuan ini mungkin tidak terpikirkan sebagai keterampilan kerja yang penting.

Tetapi mampu menempatkan diri pada posisi orang lain dan merasakan perasaan orang lain akan membantu pekerjaan secara tim. Termasuk, terhubung secara perasaan sebagai sebuah tim yang akan membuat hubungan tim lebih baik.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jurusan Psikologi UI, UGM, Unpad, Unair, Undip

Communication

Pada era digital workspace, keterampilan berkomunikasi mungkin bisa jadi telah berubah. Komunikasi kerja akan mengarah pada online dibanding tatap muka.

Misalnya, melalui panggilan video dan obrolan grup. Mempertahankan keterampilan komunikasi jangan hanya secara online saja. Akan makin efektif apabila komunikasi terjaga baik secara online atau offline. Berikut beberapa poin penting untuk berkomunikasi online.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.