Hari Pendidikan Internasional, Sinergia Animal Gelar Kampanye Nutrisi Berkelanjutan

Kompas.com - 25/01/2022, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Hari Pendidikan Internasional ditetapkan tanggal 24 Januari oleh Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sejak tahun 2018 sebagai pengingat bahwa pendidikan merupakan hak asasi manusia dan menjadi tanggung jawab bersama.

Tahun lalu, UNESCO mengangkat tema “Recover and Revitalize Education for the Covid-19 Generation”. Sedangkan tahun 2022 ini UNESCO mengangkat tema "Changing Course, Transforming Education".

Salah satu isu penting yang diangkat adalah perhatian terkait edukasi nutrisi yang berkelanjutan.

Among Prakosa, Manajer Kebijakan Pangan Nutrisi Esok Hari di Indonesia melalui rilis resmi (24/1/2022) menyebut lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam melakukan edukasi pangan dan nutrisi yang berkelanjutan.

"Lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk generasi masa depan dan menunjukkan cara praktis bagi setiap orang untuk dapat bertindak lebih berkelanjutan," tegas Prakosa.

Itulah yang kemudian mendorong Bentara Papua, organisasi berfokus pada mempromosikan tanaman pangan masyarakat adat sebagai komoditas berkelanjutan dan Sinergia Animal, LSM yang bekerja terutama di Amerika Latin dan Asia Tenggara, menggelar kampanye program "Nutrisi Esok Hari".

Program ini bertujuan mengganti produk hewani dengan bahan nabati di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya sebesar 20 persen untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi jejak lingkungan.

"Gagasannya adalah untuk menyediakan menu berbasis nabati setidaknya satu hari seminggu di ruang makan dan kantin mereka serta mendidik siswa, guru, dan juru masak tentang bagaimana pilihan makanan kita memengaruhi dunia di sekitar kita dan pentingnya makan sehat," jelas Prakosa.

Baca juga: Guru Besar Unair Ungkap Sederet Nutrisi agar Anak Terhindar Stunting

"Tujuan kami sederhana: kami ingin mendorong institusi untuk menyediakan makanan yang lebih ramah iklim dan lebih sehat kepada siswa dan staf mereka sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB," tambahnya lagi.

Ia menjelaskan, program Nutrisi Esok Hari diisi para profesional khusus seperti ahli diet, ahli gizi, dan juru masak yang memberikan anjuran kepada institusi swasta dan publik tentang perencanaan, pelatihan, dan dukungan langsung untuk penerapan perubahan menu.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.