Kompas.com - 21/01/2022, 12:03 WIB
Ilustrasi Al Quran. Dok. Shutterstock / Kingmaya StudioIlustrasi Al Quran.

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) membuka
kesempatan bagi siswa penghafal Qur'an yang ingin melanjutkan pendidikan melalui jalur beasiswa tahfidz tahun 2021/2022.

Sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) yang berkualitas, UM Surabaya konsisten dari tahun ke tahun membuka beasiswa tahfidz bagi siswa-siswi penghafal Qur’an.

Beasiswa ini juga sebagai wujud apresiasi dan kebanggaan universitas bagi mahasiswa seluruh Indonesia yang menghafal Qur'an dan berprestasi.

Wakil rektor 3 UM Surabaya, Ma’ruf Sya’ban menjelaskan bahwa beasiswa tahfidz bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa. 

Baca juga: 10 Universitas Islam Negeri Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Termasuk, untuk menjaga nilai-nilai keislaman dan meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam tahfidzul Qur'an.

“Ini bukan kali pertama universitas membuka beasiswa tahfidz. Beasiswa ini sudah ada sejak beberapa tahun terakhir," tuturnya, dilansir dari laman UM Surabaya.

Hal ini menjadi bukti bahwa kampus ini terus berkomitmen dalam memperhatikan tahfidzul Qur'an sekaligus dalam meningkatkan pendidikan baik itu melalui jalur akademik maupun non-akademik.

Ma’ruf juga menjelaskan, jika mahasiswa yang lolos beasiswa tahfidz akan diberikan beasiswa penuh mulai dari bebas uang gedung, dana pendidikan kecuali formulir, her registrasi per semester, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Serta, bebas biaya praktikum kecuali Fakultas Kedokteran (FK).

Dibuka sejak 6 Desember 2021 lalu, bagi calon pendaftar harus memenuhi syarat yang ditetapkan UM Surabaya.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Turki 2022 Dibuka, Kuliah Gratis dan Tunjangan Bulanan

“Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini calon mahasiswa minimal harus hafal 3 juz, selain itu calon mahasiswa bersedia menandatangani kontrak dengan Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI)," imbuh Ma'ruf.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.