Kompas.com - 20/01/2022, 15:53 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyebut bahwa guru dan kurikulum menjadi komponen penting dalam transformasi pendidikan Indonesia.

Pendidikan Guru Penggerak menjadi salah satu program Kemendikbud Ristek dalam meningkatkan kualitas guru-guru. Nadiem menyebut bahwa Guru Penggerak adalah garda depan dari Merdeka Belajar.

Lebih dari itu, lanjut dia, Guru Penggerak akan menjadi pemimpin perubahan.

"Transformasi pendidikan ada di tangan para Guru Penggerak yang tidak takut dengan perubahan," ujarnya dalam penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2, Rabu (19/1/2022), seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Baca juga: SMA Negeri di Bandung Ini Dijuluki Sekolah Seribu Prestasi

Selain guru, Nadiem menyebut bahwa komponen penting dalam transformasi pendidikan juga terletak pada kurikulum. Mulai 2022, Kemendikbud Ristek telah memberikan tiga opsi kurikulum kepada sekolah, yakni Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Prototipe.

Menyinggung soal Kurikulum Prototipe, Nadiem mengatakan, kurikulum tersebut sudah mulai digunakan oleh beberapa sekolah sebagai opsi.

Kurikulum prototipe ini, kata dia, mengembalikan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran.

“Kami berikan hanya bentuk kerangkanya, dan nanti guru yang akan mengembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di sekolahnya masing-masing,” jelasnya.

“Jadi, sudah tidak ada lagi ceritanya guru didikte kurikulum. Ini adalah bagian dari upaya kita memulihkan pembelajaran, dan tentunya memerdekakan guru dari hal-hal yang membatasi kreativitas dalam mengajar,” imbuhnya memberi penekanan.

Baca juga: Kurikulum Prototipe 2022, Kemendikbud Fasilitasi Kepsek dan Guru Pelatihan

Nadiem berpesan agar guru menjadi pelopor Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar di sekolah masing-masing. Ia juga mengapresiasi para pengajar praktik, fasilitator, dan instruktur yang telah berpartisipasi dalam program Pendidikan Guru Penggerak.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.