Kompas.com - 14/01/2022, 08:18 WIB
Ilustrasi stetoskop. Penemuan stetoskop di abad ke 18 oleh René Laennec, dokter Perancis, memberikan cara yang mudah bagi dokter untuk memeriksa denyut jantung pasien. SHUTTERSTOCK/smolawIlustrasi stetoskop. Penemuan stetoskop di abad ke 18 oleh René Laennec, dokter Perancis, memberikan cara yang mudah bagi dokter untuk memeriksa denyut jantung pasien.

KOMPAS.com - Tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) 2022 kini memasuki tahap registrasi akun di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Bagi pihak sekolah, registrasi akun akan berakhir pada 8 Februari 2022. Selanjutnya, siswa melalukan registrasi akun LTMPT pada 10 Januari hingga 15 Februari 2022.

Selama proses SNMPTN berjalan, salah satu hal penting dalam mengikuti SNMPTN 2022 adalah pemilihan program studi (prodi) yang tepat. Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa dan harus penuh pertimbangan.

Calon mahasiswa juga perlu mencari tahu peluang untuk lulus di prodi yang dipilih dengan melihat daya tampung serta peminatnya di tahun sebelumnya.

Salah satu jurusan yang menjadi incaran calon mahasiswa adalah jurusan kedokteran.

Baca juga: 7 Beasiswa Dalam Negeri Tawarkan Kuliah Gratis bagi Calon Mahasiswa

Tahun lalu, jurusan kedokteran juga masuk ke dalam jurusan saintek terketat. Untuk itu, sebelum memilih jurusan ini ada baiknya melihat peluang di kampus yang menyediakan jurusan ini.

Melansir dari Instagram @masukkampus, ada 4 kampus yang memiliki jurusan kedokteran terketat selama SNMPTN.

Terketat, dalam artinya persaingan antar calon mahasiswanya cukup tinggi. Daftar ini bisa menjadi pegangan bagi kamu yang siap masuk ke dalam jurusan ini. Berikut daftarnya.

1. Universitas Indonesia (UI)

  • Daya tampung: 36
  • Peminat: 1.253
  • Keketatan: 0,02 persen

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

  • Daya tampung: 44
  • Peminat: 1.585
  • Keketatan: 0,02 persen

Baca juga: Calon Mahasiswa, Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dicari 2025

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.