Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2022, 12:30 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Para mahasiswa atau mahasiswi pasti pernah bertanya-tanya, apakah jurusan yang dipilih sudah tepat dengan passion atau minat yang dimiliki?

Tidak banyak orang menyadari bahwa jurusan yang dipilih tidak tepat atau keliru. Sebagian orang bahkan tetap menjalani kuliah meski tahu telah salah memilih jurusan.

Namun, tahukah kamu bahwa keputusan memilih jurusan sebenarnya didasarkan pada keinginan diri?

Kuncinya hanya tinggal memantapkan hati dengan keyakinan bahwa kamu berada di jurusan yang tepat.

Bagi kamu yang penasaran apakah jurusan yang sedang ditempuh sudah tepat, simak enam tanda berikut, seperti dilansir dari rilis resmi Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Selasa (11/1/2022).

Baca juga: 7 Alasan Jurusan Kuliah Perpajakan Berprospek Kerja Cerah

1. Tugas kuliah terasa mudah

Ketika mengambil kuliah, mahasiswa harus siap melaksanakan berbagai macam aturan yang menjadi kewajiban mereka, salah satunya adalah mengerjakan tugas kuliah.

Tugas kuliah berguna untuk melatih kemampuan diri sendiri dan biasanya diberikan di dalam kelas atau dibawa pulang.

Jika kamu merasa tugas kuliah memberi beban tersendiri dan membuatmu kesusahan, mungkin ini salah salah satu tanda bahwa kamu salah jurusan.

Namun sebaliknya, jika tugas kuliah yang diberikan dapat terselesaikan dengan mudah dan lancar, berarti jurusan yang kamu ambil sudah tepat.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dicari 2025

2. Bangga dengan jurusan

Rasa bangga dapat menjadi salah satu indikator kuat untuk mengenali apakah mahasiswa sudah memilih jurusan yang tepat.

Salah satu sifat yang menunjukkan rasa bangga akan jurusan yang dipilih adalah ketika kamu menceritakan kegiatan perkuliahanmu sehari-hari.

Kamu akan cenderung bersemangat dan senang menceritakan apa saja kegiatan dan aktivitasmu. Tidak jarang kamu merasa senang ketika ada orang yang bertanya mengenai jurusan kuliahmu.

Sebaliknya, jika merasa malu atau enggan berbicara soal dunia perkuliahan, bisa dipastikan bahwa kamu telah salah memilih jurusan.

Baca juga: Anak IPS, Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Favorit yang Bisa Dipilih

3. Tidak malas pergi ke kampus

Rasa malas berangkat kuliah merupakan hal yang wajar. Mahasiswa tentu lelah merasakan jadwal padat serta membutuhkan aktivitas seru untuk menyegarkan pikiran.

Namun, rasa malas yang berlebihan atau terus-menerus harus diwaspadai. Sebab, kondisi ini bisa memicu kejenuhan dan perasaan negatif lain.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com