Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Perkembangan Jembatan, Dimulai dari Zaman Purba hingga Modern

Kompas.com - 11/01/2022, 08:46 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah kalian membayangkan jembatan zaman purba dahulu terbuat dari apa? Sebab, saat ini kebanyakan jembatan dibangun dari beton atau besi.

Bagi siswa sekolah tentu harus paham sejarah jembatan dan perkembangannya. Bagaimana jembatan pertama kali pada zaman purba dibuat hingga di zaman modern ini.

Melansir laman Kemendikbud Ristek, jembatan merupakan sebuah sarana dengan struktur tertentu yang dibangun untuk menghubungkan dua atau lebih rentang hambatan fisik seperti sungai, jurang, teluk, lembah, dan jalan sehingga dapat melintas dengan lancar dan aman.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar 5 Jenis Jembatan

Jembatan pertama kali dibangun dengan sangat sederhana dan alami tanpa campur tangan manusia seperti kayu besar atau batu besar yang melintang di atas sungai.

Dari sinilah manusia mempunyai ide untuk membangun konstruksi jembatan yang dari waktu ke waktu mengalami perkembangan.

Orang zaman dahulu membuat jembatan hanya menggunakan teknik potong dan coba. Pada perkembangannya, proses pembuatan jembatan tidak hanya mengandalkan kedua teknik tersebut.

Proses pembuatan jembatan sudah menggunakan berbagai macam teknik berupa penerapan ilmu pengetahuan sehingga dihasilkan jembatanjembatan yang kukuh, kuat, dan memiliki unsur keindahan.

Sejarah perkembangan jembatan

Berikut ini adalah perkembangan jembatan dari setiap zaman, siswa harus paham:

1. Jembatan zaman purba

Pada zaman purba, jembatan belum diakui sebagai hasil karya konstruksi karena pada zaman itu manusia purba menggunakan batang kayu tumbang untuk menyeberang sungai.

Manusia zaman purba melintasi sungai dengan memasang pilar-pilar batu, kayu gelondongan, atau pohon yang tumbang dengan bentang yang sangat pendek. Selain itu, mereka juga manfaatkan akar-akar atau ranting-ranting pohon sebagai jembatan gantung untuk bergelantungan melompati pohon satu ke pohon yang lain.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar Mengenal Fenomena Perihelion dan Aphelion

Jenis jembatan yang digunakan pada zaman purba biasanya berbentuk jembatan balok sederhana, dan digunakan hanya untuk bentangan yang pendek. Seperti yang dibangun diatas Sungai Euprat dan Sungai Tigris di Babylonia kira-kira 2000 SM.

 

2. Jembatan zaman Romawi Kuno

Zaman Romawi Kuno dimulai dari tahun 300 SM dan berlangsung kurang lebih selama 600 tahun yang lalu. Pada zaman ini teknologi jembatan sudah mulai berkembang.

Pada zaman ini jembatan yang dibangun telah menggunakan kayu, batu, dan beton. Namun, untuk jembatan batu dan beton, bentuknya sama seperti pada periode jembatan purba yaitu berbentuk lengkung (arch).

Akan tetapi, pada zaman ini manusia telah mampu mengatasi permasalahan yang lebih rumit. Pada zaman ini mereka membuat konstruksi jembatan yang dibangun di atas pilar yang berada di bawah air dan melindunginya dari bahaya banjir.

3. Periode zaman pertengahan

Zaman pertengahan di Eropa berlangsung dari abad ke-11 sampai dengan abad ke-16 sesudah runtuhnya Romawi. Secara fisik konstruksi jembatan pada periode ini tidak jauh berbeda dengan periode romawi kuno.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com