Kompas.com - 29/12/2021, 18:47 WIB
Ilustrasi sayur dan buah. Semua bagian sayur dan buah bisa diolah secara maksimal. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi sayur dan buah. Semua bagian sayur dan buah bisa diolah secara maksimal.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah satu cara menjaga tubuh tetap bugar adalah mengonsumsi makanan sehat dam bernutrisi.

Tak hanya nasi dan lauk saja, menu makanan sehat juga termasuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19, mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin sangat dianjurkan.

Indonesia memiliki banyak jenis sayuran dan buah-buahan. Namun kondisi ini tidak dibarengi dengan tingkat konsumsi sayur dan buah penduduk Indonesa yang masih jauh dari anjuran WHO (World Health Organization).

Baca juga: Ini 6 Tips Menabung bagi Siswa

Anjuran WHO konsumsi buah dan sayur

Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ali Khomsan mengatakan, konsumsi sayur dan buah masyarakat Indonesia yakni 100 gram per kapita per hari. Sedangkan anjuran WHO untuk konsumsi buah dan sayur sebanyak 400 gram per kapita per hari.

"Rata-rara kita baru memenuhi kurang lebih 25 persen dari anjuran WHO," kata Prof. Ali seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Rabu (29/12/2021).

Prof. Ali menekankan, saat dihitung menurut segmen umur, konsumsi sayur dan buah sebesar 100 gram per kapita per hari itu merata. Hal ini berarti, masih banyak anak-anak, remaja maupun orang dewasa di Indonesia yang kurang mengonsumsi sayur dan buah.

"Sehingga secara nasional bisa dikatakan 90 persen masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur serta buah dan belum memenuhi anjuran WHO," ungkap Prof. Ali.

Baca juga: PT Petrosea Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK, D4/S1, Cek Infonya

Kondisi sangat disayangkan mengingat Indonesia sebagai negara tropis diberi kekayaan alam yang melimpah. Sehingga sayur dan buah sebenarnya sangat mudah ditemui masyarakat.

Namun fakta di lapangan masyarakat masih belum memprioritaskan makan sayur dan buah-buahan sebagai menu wajib makanan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.