Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedutaan Belanda dan Ecoxyztem Ajak Anak Muda Jadi Kreator Konten Lawan Isu Sampah Makanan

Kompas.com - 29/11/2021, 21:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masalah sampah pangan adalah masalah fenomena gunung es. Telah banyak inisiatif dan perhatian diberikan kepada sampah anorganik seperti tas kresek, botol plastik, dan kemasan makanan, namun masih cukup timpang perhatian kepada sampah sisa makanan.

Padahal menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) komposisi sampah terbesar yang dihasilkan di Indonesia adalah sampah organik (60 persen) dengan mayoritas berasal dari sampah rumah tangga (37,39 persen).

Menjawab tantangan tersebut, Kedutaan Belanda dan Ecoxyztem, venture builder untuk startup solusi Climate Tech dan permasalahan lingkungan, menggelar “Photo Story and Video Competition: Rethinking Food Waste, Exploring Opportunities".

Gelaran kompetisi foto dan video ditutup secara daring pada 27 November 2021 dengan upacara penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba.

Proses pendaftaran dan seleksi yang dilakukan hanya dalam waktu satu bulan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 60 peserta baik dari universitas maupun SMA seluruh Indonesia.

Beberapa peserta yang hadir secara daring mengungkapkan antusiasmenya dalam mencari ide pemecahan masalah sampah makanan melalui media video, dan fotografi. Beberapa diantaranya menyebutkan berasal dari daerah Aceh, Palembang, Jombang, Bogor, dan Purwokerto.

Isu sampah makanan

 

“Kedutaan Besar Belanda sangat senang dapat berkolaborasi dengan Ecoxyztem dan berperang melawan masalah sampah pangan, baik yang ada di limbah hulu maupun yang sudah melewati rantai pasok pangan," ungkap Ana Saleh, Senior Policy Advisor for Agriculture, Fishery, Food, and Forestry Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia.

"Ada banyak sekali cerita yang coba teman-teman sampaikan melalui foto dan video yang telah dikumpulkan, hal tersebut sangat menginspirasi kami untuk menentukan langkah inisiatif selanjutnya dan sekaligus akan terus menggaungkan kampanye dalam mengatasi masalah sampah pangan hingga ke sekolah-sekolah," jelas Ana Saleh.

Baca juga: Prasmul Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi yang Paling Banyak Menangkan Kompetisi Wirausaha

Dalam kesempatan sama, Bijaksana Junerosano, Founder Greeneration Group, mengungkapkan, “menurut riset mengenai sampah makanan yang dilakukan oleh Bappenas, UNDP dan Waste4Change dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2019, Indonesia berpotensi mengalami kerugian sekitar 213 sampai dengan 500 triliun per tahun akibat permasalahan sampah makanan."

"Dengan adanya kolaborasi antara Ecoxyztem dan Kedutaan Besar Belanda yang sekaligus menerapkan SDGs nomor 17 mengenai kemitraan diharapkan dampak yang dihasilkan akan lebih masif sehingga dapat menyusul ketertinggalan solusi permasalahan lingkungan dibanding kecepatan permasalah lingkungan itu sendiri,” ujar Bijaksana Junerosano optimis.

Juara kompetisi foto dan video

Mekanisme Lomba Photo Story dan Creative Video ditentukan voting media sosial instagram dan youtube @ecoxyztem untuk juara favorit dan penilaian juri untuk juara utama. Penjurian dilakukan oleh perwakilan Kedutaan Besar dan beberapa jurnalis senior.

Berikut daftar pemenang Photo Story and Creative Video Competition:

Juara Favorit

  • Asy-Syifa Syaharani, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, untuk kategori foto
  • Amanda Puti Jasmine, Institut Pertanian Bogor (IPB), untuk kategori video

Juara Utama Kategori Photo Story

  • Juara 1: Miftahudin Mulfi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Juara 2: Jemima Mantiri dari Erasmus University Rotterdam
  • Juara 3: Fransiska Kharin Omega, Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Juara Utama Kategori Creative Video

  • Juara 1: Amanda Puti Jasmine, Institut Pertanian Bogor
  • Juara 2: Indira Aqsha Maria, President University
  • Juara 3: Helmi Musyaffa' Akmal dari Universitas Jenderal Soedirman

Seluruh pemenang mendapatkan beasiswa dengan total nilai sebesar 15 juta rupiah dan terkhusus bagi juara pertama dari tiap kategori akan mendapatkan program pendampingan X-SEED dari Ecoxyztem.

Baca juga: Batavia Team UNJ Raih Prestasi Ajang Kompetisi Mobil Hemat Energi 2021

 

“Kami sangat bangga dan senang dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh anak muda dari seluruh Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan melalui pembuatan konten media sosial," ungkap Andreas Pandu Wirawan, CCO Ecoxyztem.

"Selanjutnya kami akan memulai program kerjasama X-SEED yaitu pengembangan kapasitas bagi para mahasiswa untuk dapat mengembangkan dan merealisasikan ide mereka melalui mekanisme bisnis start-up, dengan tujuan utama menciptakan lebih banyak solusi untuk mengatasi permasalahan sampah makanan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com