Kompas.com - 26/11/2021, 07:30 WIB
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Tentu, peran guru menjadi sangat penting demi berlangsungnya pendidikan di Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyatakan bahwa perjuangan para guru sangat hebat untuk memastikan para siswa tetap menerima pelajaran, baik secara daring maupun luring terbatas.

"Guru mau tidak mau mendatangi rumah-rumah pelajar untuk memastikan mereka tidak ketinggalan pelajaran," ujar Nadiem Makarim seperti dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Mendikbud Ristek Dukung PTM Terbatas di PAUD yang Aman

Selain itu, guru juga mau tidak mau mempelajari teknologi yang belum pernah mereka kenal. Guru mau tidak mau menyederhanakan kurikulum untuk memastikan murid mereka tidak belajar di bawah tekanan.

"Guru di seluruh Indonesia menangis melihat murid mereka semakin hari semakin bosan, kesepian, dan kehilangan disiplin," terangnya.

Pandemi, guru tetap semangat mengajar

Namun meski menghadapi kondisi yang sangat sulit, para guru ternyata tidak kehilangan semangat untuk menciptakan perubahan. Nadiem menangkap semangat tersebut saat berdialog langsung dan menginap di rumah dua orang guru dan para santri beberapa waktu lalu.

"Saat saya menginap di rumah guru honorer di Lombok Tengah, saat saya menginap di rumah Guru Penggerak di Yogyakarta, saat saya menginap bersama santri di pesantren di Jawa Timur, saya sama sekali tidak mendengar kata putus asa," terang Nadiem.

Bahkan ketika Nadiem berkesempatan untuk sarapan dengan mereka, Nadiem mendengarkan terobosan-terobosan yang mereka inginkan di sekolah mereka.

Baca juga: Peringati HGN, Menag: Guru Harus Tingkatkan Kapasitas

 

Nadiem menyatakan bahwa dari wajah para gruu itu terlihat semangat membahas platform teknologi yang cocok dan tidak cocok untuk mereka.

"Dengan penuh percaya diri, mereka memuji dan mengkritik kebijakan dengan hati nurani mereka. Di situlah kami menyadari bahwa pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, tapi justru menyalakan obor perubahan," ungkapnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.