Kompas.com - 25/11/2021, 15:10 WIB
Forum Discussion Group (FGD) Pendataan Perpustakaan di Jakarta, pada Selasa (23/11/2021). DOK. PERPUSNASForum Discussion Group (FGD) Pendataan Perpustakaan di Jakarta, pada Selasa (23/11/2021).

KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) berencana akan melakukan pemuktahiran data dan profil perpustakaan di Indonesia yang tersedia dalam pangkalan datanya.

Hal ini dilakukan melalui aplikasi pendataan perpustakaan yang mengintegrasikan antara Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) dan pemetaan perpustakaan berbasis wilayah.

Hasil dari integrasi keduanya akan memutakhirkan profil perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan perguruan tinggi.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, mengatakan saat ini, masyarakat membutuhkan data dan informasi yang beragam, tepat waktu, dan cepat disajikan.

"Hal ini menjadi tantangan bagi Perpusnas untuk selalu meningkatkan mutu penyediaan data, dan informasi, sekaligus mutu pelayanannya," kata Deni saat membuka Forum Discussion Group (FGD) Pendataan Perpustakaan di Jakarta, pada Selasa (23/11/2021).

Berdasarkan sensus perpustakaan yang dilakukan pada tahun 2018, jumlah perpustakaan yang ada di Indonesia sebanyak 164.610 perpustakaan.

"Pendataan perpustakaan ini untuk memastikan data mutakhir, minimal tidak hanya entry by name atau by address, tetapi juga ada profil perpustakaannya," terangnya.

Lebih lanjut, Deni mengatakan, bahwa pada 2022, Perpusnas memasukkan kegiatan pendataan perpustakaan dalam dana dekonsentrasi.

Diharapkan, dinas perpustakaan provinsi dan kabupaten/kota sebagai pembina perpustakaan, dapat aktif melengkapi data perpustakaaan.

"Kami mendorong dinas perpustakaan provinsi, kabupaten/kota, sekolah, maupun perguruan tinggi untuk aktif memasukkan data perpustakaan yang ada di wilayahnya," lanjutnya.

Baca juga: Literasi Digital Netizen Fair 2021 Kominfo Diikuti 12,5 Partisipan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.