Kompas.com - 24/11/2021, 09:09 WIB
Kemenkominfo Menggelar Literasi Digital Netizen Fair di Berbagai Kota di Indonesia DOK. KOMINFOKemenkominfo Menggelar Literasi Digital Netizen Fair di Berbagai Kota di Indonesia

KOMPAS.com - Sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia meningkatkan keterampilan dan literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 202.

LDNF 2021 mengangkat tema #MakinCakapDigital dan digelar serentak di berbagai kota dan kabupaten secara hybrid pada 23-24 November 2021.

"Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun, semua ini kuncinya ada pada #MakinCakapDigital," jelas Semuel A. Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo melalui rilis resmi (23/11/2021).

LDNF sendiri secara rutin telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2017.

Tahun ini, lewat Siberkreasi, pemerintah gencar mengkampanyekan #MakinCakapDigital, dengan memfasilitasi literasi digital sebagai keterampilan hidup penting melalui pelatihan SDM yang bertahap dan meluas.

Dari "Netizen Talks" hingga "Siberkreasi Awards"

LDNF 2021 akan hadir dengan rangkaian acara beragam.

Program "Netizen Talks", misalnya, memberikan pilihan kelas yang dirancang mengasah kemampuan digital seperti tips dan trik membuat podcast, animasi, public speaking, hingga pembuatan konten digital, dengan dipandu langsung narasumber terkemuka di bidangnya.

Sementara itu, program "Ngobrolin Literasi Digital" akan menghadirkan narasumber praktisi dan public figure interaktif, dan secara khusus membahas pentingnya empat pilar literasi digital dan relevansinya dalam konteks Indonesia.

Seperti yang diketahui, Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia, yaitu sebesar 202 juta pengguna di tahun 2021.

Baca juga: Ruangguru Luncurkan Ruang Literasi Digital, Bantu Masyarakat Berinternet Aman

LDNF 2021 juga akan dimeriahkan dengan program-program hiburan seperti stand-up comedy, live music, dan berbagai games berhadiah menarik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.