Kompas.com - 13/11/2021, 12:00 WIB
Ada berbagai cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kita praktikkan secara rutin untuk mencegah risiko penyakit jantung di kemudian hari. FREEPIKAda berbagai cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kita praktikkan secara rutin untuk mencegah risiko penyakit jantung di kemudian hari.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Organ jantung merupakan organg paling vital pada tubuh manusia. Agar tetap berfungsi dengan baik tentu harus dijaga gaya hidup dan pola makan.

Menjaga jantung tetap sehat tidak dilakukan setelah mengalami gejala sakit jantung. Namun mempertahankan kerja jantung tetap bagus harus dimulai sejak dini.

Ahli penyakit jantung Universitas Gadjah Mada (UGM) Dyah Samti Mayasari berpendapat menjaga jantung sejak dini sangat diperlukan.

Baca juga: Beri Dukungan Penuh, Menteri Agama: Permendikbud PPKS Sangat Resolutif

Tidak hanya untuk mencegah terjadinya faktor-faktor yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung tetapi juga mendeteksi secara dini adanya penyakit jantung. Sehingga dapat tertangani sejak awal.

"Oleh karena itu, apakah kita sudah menjaga jantung dengan benar? Karena menjaga jantung ini tak lepas dari gaya hidup sehat," terang Dyah Samti Mayasari seperti dikutip dari laman UGM, Sabtu (13/11/2021).

Dyah menerangkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga jantung sejak dini, yakni gaya hidup sehat. Selain itu, melakukan pemeriksaan sebagai deteksi dini faktor risiko dan menghindari stres. Berikut tips jaga jantung tetap sehat dari pakar penyakit jantung UGM.

1. Diet yang sehat

Dyah Samti menyarankan melakukan pola diet rendah lemak, dengan tinggi serat serta buah dan sayur. Dengan pola makan ini tentunya akan membantu menekan angka LDL sebagai 'kolesterol jahat' dan meningkatkan kadar HDL sebagai 'kolesterol baik'.

Baca juga: 5 Prospek Kerja Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Selain itu, mengurangi konsumsi garam maksimal 5 gram (1 sendok teh) dalam sehari, dan mencegah minuman-minuman kemasan dengan pemanis gula.

Konsumsi kacang-kacangan disarankan sebanyak 30 gram per hari. Tetapi kacang yang dipilih adalah yang tanpa garam. Juga disarankan untuk mengonsumsi ikan 1-2 kali dalam seminggu.

"Konsumsi daging merah tanpa lemak, produk susu rendah lemak serta minyak sayuran dibatasi," ungkap Dyah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.