Kompas.com - 21/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi pekerja kreatif Dok. ShutterstockIlustrasi pekerja kreatif

KOMPAS.com - Banyak hal yang dikhawatirkan lulusan baru atau fresh graduate saat mencari kerja.

Kekhawatiran utama, biasanya ada rasa khawatir bersaing dan bertemu dengan rekan-rekan yang sudah berpengalaman.

Sebenarnya, apa itu fresh graduate? Fresh graduate adalah suatu sebutan untuk lulusan baru dari perguruan tinggi jenjang diploma atau sarjana. Sebutan fresh graduate ini sebetulnya merujuk pada mereka yang periode kelulusannya terhitung kurang dari 6 bulan semenjak mendapatkan ijazah dan wisuda.

Memang, tak sedikit informasi lowongan pekerjaan yang mencantumkan pengalaman kerja sebagai syarat. Namun, bukan berarti tim HRD nggak akan melirik seorang fresh graduate. Padahal, fresh graduate punya keunggulan tersendiri. Keunggulan apa itu?dilansir dari laman Quipper, berikut rinciannya.

Baca juga: Bank BCA Buka 9 Lowongan Kerja untuk Lulusan S1-S2

8 Keunggulan Fresh Graduate

1. Punya semangat belajar yang tinggi

Karena belum punya pengalaman kerja, maka seorang fresh graduate akan punya rasa ingin tahu yang tinggi dan sangat bersemangat mempelajari berbagai hal baru. Saat mulai bekerja, seorang fresh graduate akan banyak bertanya karena pengetahuan dan kemampuannya masih harus diasah di bidang pekerjaan yang digeluti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, keinginannya untuk terus berkembang masih sangat besar. Mereka pun lebih semangat mengembangkan minat dan kemampuannya. Oleh karena itu, seorang fresh graduate bisa terlihat sangat ambisius. Mereka berupaya keras agar bisa sukses dalam menjalankan pekerjaannya.

2. Lebih mudah ‘dibentuk’

Sebuah perusahaan biasanya memiliki visi misi dan kultur tertentu. Nah, bagi seseorang yang sudah pernah bekerja di perusahaan lain sebelumnya, perlu melakukan penyesuaian karena menghadapi kultur yang berbeda dan menyelaraskan diri dengan visi misi perusahaan baru.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Sementara seorang fresh graduate akan lebih mudah dibentuk sesuai kultur dan visi misi perusahaan, karena belum pernah bekerja di tempat lain sebelumnya. Maka dari itu, atasan atau rekan kerja terbilang lebih mudah dalam bekerja sama dengan fresh graduate.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.