Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Minder, Ini 8 Keunggulan Fresh Graduate di Dunia Kerja

Kompas.com - 21/09/2021, 11:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak hal yang dikhawatirkan lulusan baru atau fresh graduate saat mencari kerja.

Kekhawatiran utama, biasanya ada rasa khawatir bersaing dan bertemu dengan rekan-rekan yang sudah berpengalaman.

Sebenarnya, apa itu fresh graduate? Fresh graduate adalah suatu sebutan untuk lulusan baru dari perguruan tinggi jenjang diploma atau sarjana. Sebutan fresh graduate ini sebetulnya merujuk pada mereka yang periode kelulusannya terhitung kurang dari 6 bulan semenjak mendapatkan ijazah dan wisuda.

Memang, tak sedikit informasi lowongan pekerjaan yang mencantumkan pengalaman kerja sebagai syarat. Namun, bukan berarti tim HRD nggak akan melirik seorang fresh graduate. Padahal, fresh graduate punya keunggulan tersendiri. Keunggulan apa itu?dilansir dari laman Quipper, berikut rinciannya.

Baca juga: Bank BCA Buka 9 Lowongan Kerja untuk Lulusan S1-S2

8 Keunggulan Fresh Graduate

1. Punya semangat belajar yang tinggi

Karena belum punya pengalaman kerja, maka seorang fresh graduate akan punya rasa ingin tahu yang tinggi dan sangat bersemangat mempelajari berbagai hal baru. Saat mulai bekerja, seorang fresh graduate akan banyak bertanya karena pengetahuan dan kemampuannya masih harus diasah di bidang pekerjaan yang digeluti.

Jadi, keinginannya untuk terus berkembang masih sangat besar. Mereka pun lebih semangat mengembangkan minat dan kemampuannya. Oleh karena itu, seorang fresh graduate bisa terlihat sangat ambisius. Mereka berupaya keras agar bisa sukses dalam menjalankan pekerjaannya.

2. Lebih mudah ‘dibentuk’

Sebuah perusahaan biasanya memiliki visi misi dan kultur tertentu. Nah, bagi seseorang yang sudah pernah bekerja di perusahaan lain sebelumnya, perlu melakukan penyesuaian karena menghadapi kultur yang berbeda dan menyelaraskan diri dengan visi misi perusahaan baru.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Sementara seorang fresh graduate akan lebih mudah dibentuk sesuai kultur dan visi misi perusahaan, karena belum pernah bekerja di tempat lain sebelumnya. Maka dari itu, atasan atau rekan kerja terbilang lebih mudah dalam bekerja sama dengan fresh graduate.

3. Mudah beradaptasi

Seseorang yang menjalani pekerjaan pertamanya tentu akan berusaha membuat perusahaan terkesan dengan kinerjanya. Fresh graduate akan melakukan berbagai cara agar senantiasa memancarkan citra positif.

Maka, seorang fresh graduate akan berusaha beradaptasi dengan cepat dalam berbagai hal mulai dari memahami kultur perusahaan, berkenalan dan bergaul dengan karyawan lain, dan yang paling utama beradaptasi dengan ritme pekerjaan dan tanggung jawab yang diemban.

4. Terbuka akan masukan

Keunggulan lainnya dari fresh graduate adalah lebih terbuka menerima masukan demi kemajuan dirinya. Tentu, bagi pekerja baru banyak hal yang harus dipelajari dari hari ke hari agar kinerjanya sesuai harapan dan target perusahaan. Fresh graduate yang baru bekerja tidak akan sungkan menerima kritik dan masukan karena sadar dirinya masih minim pengalaman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com