Kompas.com - 16/09/2021, 10:19 WIB
Ilustrasi mencari pekerjaan lewat virtual job fair. UNSPLASH/JESHOOTS.COMIlustrasi mencari pekerjaan lewat virtual job fair.

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta Sumber Daya Manusia (SDM) atau talenta digital hingga tahun 2030 untuk bisa meraih manfaat maksimal dari ekosistem digital.

Riset dari AlphaBeta juga menyebut, industri dalam negeri membutuhkan 110 juta pekerja digital pada tahun 2025 dan keahlian di bidang TI akan sangat dicari, termasuk oleh perusahaan non-teknologi.

Sejalan dengan itu, riset LinkedIn juga menemukan bahwa 6 dari 10 skill yang paling dibutuhkan oleh perusahaan berada pada sektor TI, seperti blockchain, cloud computing, analisa data, pengembangan kecerdasan buatan, desain UX/UI, dan scientific computing.

Namun, saat ini jumlah SDM digital yang tersedia di Indonesia baru mencapai 1,1 juta orang.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Karena itulah, Ketua Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud Ristek), Nurhadi Irbath menyebut saat ini Indonesia memerlukan hingga 600.000 talenta digital baru per tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak harus mahasiswa dari jurusan TI

Guna memenuhi kebutuhan SDM digital, Kemendikbud Ristek menggandeng sejumlah pihak untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan digital melalui Program Magang Bersertifikat dan Program Studi Independen Bersertifikat.

Sebagi dukungan bagi Kampus Merdeka, belum lama ini Skilvul menghadirkan Program Magang Bersertifikat, Skilvul Virtual Internship UI/UX Challenge, dan Program Studi Independen Bersertifikat, Skilvul #Tech4Impact.

Program Skilvul Virtual Internship memfasilitasi 1.000 mahasiswa dari 172 kampus di Indonesia untuk mempelajari keterampilan dengan studi kasus nyata.

Skilvul bekerja sama dengan perusahaan dan organisasi sosial ternama, seperti Amartha, Bank Jago, Crowde, Pasar Polis, Campaign.com, Kitabisa.com, Waste4Change, dan Krealogi, untuk memberikan praktik dan pelatihan terbaik tentang desain UX/UI.

Baca juga: Mahasiswa D3-S2, Ada Beasiswa Bantuan Biaya Kuliah dan Tugas Akhir

Tak hanya didominasi mahasiswa jurusan TI, nyatanya hampir 1 dari 5 mahasiswa dari berbagai jurusan lain tertarik mengikuti program untuk menambah kemampuan mereka dalam desain UX/UI.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.