Kompas.com - 16/09/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi kampus ITB. DOC.Kemahasiswaan ITBIlustrasi kampus ITB.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengaku penyelenggaraan kuliah tatap muka akan dijalankan secara bertahap. Adapun waktu memulainya di akhir September 2021.

Hal ini disampaikan Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto melansir laman ITB, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: PTM Terbatas, Nadiem Makarim: Hanya Boleh Diisi 25 Mahasiswa

"Kuliah tatap muka, sebanyak 1.087 mahasiswa di akhir September. Jumlah itu terdiri dari 864 mahasiswa di kampus Ganesha dan 148 mahasiswa di kampus Jatinangor," ungkap dia.

Di awal Oktober, sebanyak 3.419 mahasiswa akan memulai kuliah tatap muka. Yakni, terdiri dari 3.229 mahasiswa kampus Ganesha dan 170 di kampus Jatinangor.

Adapun kegiatan kuliah tatap muka pada November, dia memperkirakan ada 1.873 mahasiswa yang menjalankan. Dengan rincian 804 mahasiswa di kampus Ganesha dan 647 mahasiswa di kampus Jatinangor.

Dia mengaku, kuliah tatap muka ini diharapkan menjadi fase transisi perkuliahan yang mampu dimplementasikan dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kegiatan akademik ini juga bertujuan untuk tetap mencapai learning outcome, di mana kehidupan masa AKB sudah semakin terbentuk.

Proses transisi ini diharapkan bisa menyiapkan sivitas ITB menjadi insan yang siap menerapkan kebiasaan baru secara konsisten.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah menyampaikan, para mahasiswa yang membutuhkan indekos dapat mulai melakukan pemesanan untuk masa waktu bulan Oktober, November, dan Desember.

Baca juga: Rektor UNS: Kapasitas Kuliah Tatap Muka Naik Bertahap

Sebagai gambaran profil asal kota dari mahasiswa ITB yang terbesar adalah dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.