Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Mulai Kuliah Tatap Muka di Akhir September

Kompas.com - 16/09/2021, 07:02 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengaku penyelenggaraan kuliah tatap muka akan dijalankan secara bertahap. Adapun waktu memulainya di akhir September 2021.

Hal ini disampaikan Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto melansir laman ITB, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: PTM Terbatas, Nadiem Makarim: Hanya Boleh Diisi 25 Mahasiswa

"Kuliah tatap muka, sebanyak 1.087 mahasiswa di akhir September. Jumlah itu terdiri dari 864 mahasiswa di kampus Ganesha dan 148 mahasiswa di kampus Jatinangor," ungkap dia.

Di awal Oktober, sebanyak 3.419 mahasiswa akan memulai kuliah tatap muka. Yakni, terdiri dari 3.229 mahasiswa kampus Ganesha dan 170 di kampus Jatinangor.

Adapun kegiatan kuliah tatap muka pada November, dia memperkirakan ada 1.873 mahasiswa yang menjalankan. Dengan rincian 804 mahasiswa di kampus Ganesha dan 647 mahasiswa di kampus Jatinangor.

Dia mengaku, kuliah tatap muka ini diharapkan menjadi fase transisi perkuliahan yang mampu dimplementasikan dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kegiatan akademik ini juga bertujuan untuk tetap mencapai learning outcome, di mana kehidupan masa AKB sudah semakin terbentuk.

Proses transisi ini diharapkan bisa menyiapkan sivitas ITB menjadi insan yang siap menerapkan kebiasaan baru secara konsisten.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah menyampaikan, para mahasiswa yang membutuhkan indekos dapat mulai melakukan pemesanan untuk masa waktu bulan Oktober, November, dan Desember.

Baca juga: Rektor UNS: Kapasitas Kuliah Tatap Muka Naik Bertahap

Sebagai gambaran profil asal kota dari mahasiswa ITB yang terbesar adalah dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Prof. Jaka Sembiring selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB mengatakan, proses transisi ini sebagai uji coba untuk melaksanakan kuliah tatap muka.

Di mana pengaturan, pengawasan perkelompok secara kontinyu dan penjagaan fakultas/sekolah dan prodi harus selalu dilakukan.

Jaka menyatakan, penanganan dan tahapan untuk setiap kasus sudah disiapkan.

ITB jalankan koordinasi

Pada tahap persiapan ini, seluruh fakultas/sekolah ITB terus melakukan koordinasi dengan seluruh direktorat terkait.

Kegiatan akademik pada semester I tahun akademik 2021/2022 difokuskan kepada kegiatan berbasis praktikum, studio, kuliah lapangan, dan sejenisnya.

Jika kegiatan akademik berbentuk perkuliahan maka akan dilaksanakan secara bauran, yaitu ada yang dilaksanakan dalam bentuk kuliah daring dan luring/kuliah tatap muka.

Pembukaan mata kuliah yang berbasis kegiatan tatap muka sepenuhnya diserahkan kepada prodi sesuai kebutuhan.

Baca juga: Jokowi Minta Rektor Perguruan Tinggi: Mahasiswa Harus Merdeka Belajar

Dalam rangka menjamin protokol kesehatan tetap terjaga, maka kapasitas maksimum ruangan yang melakukan kuliah tatap muka, yakni 30 persen dari kapasitas normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com