Kompas.com - 18/08/2021, 09:31 WIB
Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tergabung dalam UKM Mahapala mengibarkan bendera di Puncak Gunung Slamet, Purbalingga untuk merayakan HUT ke-76 RI, Selasa (17/8/2021). Tangkap layar laman UnnesMahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tergabung dalam UKM Mahapala mengibarkan bendera di Puncak Gunung Slamet, Purbalingga untuk merayakan HUT ke-76 RI, Selasa (17/8/2021).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Banyak cara untuk merayakan peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Sebelum ada pandemi Covid-19, semua siswa bahkan pegawai negeri sipil (PNS) mengikuti upacara bendera tiap tanggal 17 Agustus.

Selain itu masyarakat di tiap RT pun melakukan berbagai perlombaan yang melibatkan semua kalangan.

Semua kegiatan ini pada dasarnya sama yaitu untuk mengenang jasa para pahlawan dan memupuk rasa cinta terhadap tanah air.

Selain itu juga bisa membangkitkan kembali semangat juang dan memaknai kembali arti kemerdekaan.

Baca juga: Ceritakan Keunikan India, Dosen UMM Sukses Jadi Youtuber

Peringati hari kemerdekaan ala mahasiswa Mahapala Unnes

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) khususnya dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahapala juga melakukan kegiatan di hari peringatan kemerdekaan Repulik Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka memperingati Kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih di tebing dan di puncak gunung.

Pengibaran yang pertama dilakukan di Tebing Gribig, Dieng, Banjarnegara.

Dari 14 jalur pemanjatan yang ada, Ferdian Restu Kelana salah satu mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni telah mengibarkan sang merah putih di salah satu jalur pemanjatan, dengan melakukan pemanjatan secara artificial.

"Dengan pengibaran merah putih di ketinggian Tebing Gribig ini saya berharap merah putih akan selalu berkibar selamanya di tempat-tempat tertinggi lainnya di dunia," terang Ferdian seperti dikutip dari laman Unnes, Selasa (17/8/2021).

Baca juga: Akademisi UI Teliti Terapi Sel Punca sebagai Solusi Antipenuaan

Kibarkan bendera merah putih di ketinggian 3.428 mdpl

Selain di Tebing Gribig, mahasiswa UKM Mahapala Unnes juga melakukan peringatan kemerdekaan RI di atap Jawa Tengah yaitu Puncak Gunung Slamet, Purbalingga di ketinggian 3.428 mdpl.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.