Kompas.com - 17/08/2021, 15:43 WIB
Ilustrasi Indonesia, bendera merah putih ShutterstockIlustrasi Indonesia, bendera merah putih

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 ini semua pelajar di Indonesia mulai SD sampai perguruan tinggi tak lagi merayakan kemerdekaan Indonesia secara terbuka. Semua kegiatan, baik aktivitas sehari-hari hingga aktivitas selama kemerdekaan menjadi terbatas.

Biar tidak bosan saat libur kemerdekaan, kamu bisa menikmati film-film karya anak bangsa bertema kemerdekaan. Film-film ini tentunya menginspirasi setiap kalangan terutama kaum muda.

Baca juga: Siswa, Ternyata Ini Faktor Pemicu Dimulainya Pergerakan Nasional

 

Selain itu kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam menuntut kemerdekaan melalui film-film tersebut. Dilansir dari laman campuspedia, simak rekomendasi film kemerdekaan yang inspiratif untuk sambut agustusan berikut ini.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film kemerdekaan ini menceritakan biografi presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Sosok Soekarno dalam film ini diperankan oleh Ario Bayu. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mengisahkan masa kecil, remaja, kisah cinta hingga perjuangan kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno.

Selain itu, juga menampilkan pidato-pidato Bung Karno yang terkenal membakar semangat nasionalisme seperti “Indonesia Menggugat”. Detik-detik proklamasi yang mengharukan juga ditampilkan dalam film ini.

2. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2013)

Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini mengisahkan tentang Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Tokoh nasional ini adalah salah satu yang berjasa pada awal kemerdekaan Indonesia. Melalui film ini, kita akan menyaksikan perjalanan Tjokroaminoto menyadarkan masyarakat untuk merebut kemerdekaan di tengah kesulitan.

Sebab, pada masa itu pendidikan masih sangat minim, tidak ada akses pendidikan untuk masyarakat serta kemiskinan di mana-mana. Selain itu, juga dikisahkan pendirian organisasi Sarekat Islam oleh Tjokroaminoto.

Baca juga: Belajar Sejarah Lebih Seru di 4 Museum Virtual Ini

3. Jenderal Soedirman (2015)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.