Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar, Ini 8 Film Inspiratif tentang Kemerdekaan

Kompas.com - 17/08/2021, 15:43 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 ini semua pelajar di Indonesia mulai SD sampai perguruan tinggi tak lagi merayakan kemerdekaan Indonesia secara terbuka. Semua kegiatan, baik aktivitas sehari-hari hingga aktivitas selama kemerdekaan menjadi terbatas.

Biar tidak bosan saat libur kemerdekaan, kamu bisa menikmati film-film karya anak bangsa bertema kemerdekaan. Film-film ini tentunya menginspirasi setiap kalangan terutama kaum muda.

Baca juga: Siswa, Ternyata Ini Faktor Pemicu Dimulainya Pergerakan Nasional

 

Selain itu kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam menuntut kemerdekaan melalui film-film tersebut. Dilansir dari laman campuspedia, simak rekomendasi film kemerdekaan yang inspiratif untuk sambut agustusan berikut ini.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film kemerdekaan ini menceritakan biografi presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Sosok Soekarno dalam film ini diperankan oleh Ario Bayu. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mengisahkan masa kecil, remaja, kisah cinta hingga perjuangan kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno.

Selain itu, juga menampilkan pidato-pidato Bung Karno yang terkenal membakar semangat nasionalisme seperti “Indonesia Menggugat”. Detik-detik proklamasi yang mengharukan juga ditampilkan dalam film ini.

2. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2013)

Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini mengisahkan tentang Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Tokoh nasional ini adalah salah satu yang berjasa pada awal kemerdekaan Indonesia. Melalui film ini, kita akan menyaksikan perjalanan Tjokroaminoto menyadarkan masyarakat untuk merebut kemerdekaan di tengah kesulitan.

Sebab, pada masa itu pendidikan masih sangat minim, tidak ada akses pendidikan untuk masyarakat serta kemiskinan di mana-mana. Selain itu, juga dikisahkan pendirian organisasi Sarekat Islam oleh Tjokroaminoto.

Baca juga: Belajar Sejarah Lebih Seru di 4 Museum Virtual Ini

3. Jenderal Soedirman (2015)

Jenderal Soedirman adalah film yang menceritakan perjuangan melawan Belanda dengan bergerilya. Dibintangi oleh Adipati Dolken, film kemerdekaan ini membawa penonton hanyut dalam kisah perjuangan, strategi, dan kegigihan Soedirman bersama pasukannya.

4. Kartini (2017)

Kartini adalah salah satu tokoh perempuan hebat di Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Dalam film ini dikisahkan seorang Kartini yang memperjuangkan kesetaraan hak dalam sosial dan pendidikan bagi kaum wanita di Indonesia pada masa kolonialisme. Film kemerdekaan yang diperankan oleh Dian Sastro ini dilakoni dengan dialog dalam tiga bahasa yaitu Indonesia, Jawa, dan Belanda.

5. Perburuan (2019)

Film kemerdekaan yang satu ini diangkat dari novel karya penulis populer Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama. Film ini berlatar belakang perjuangan kemerdekaan Indonesia ketika masa penjajahan Jepang. Menceritakan pemberontakan pasukan PETA atau Pembela Tanah Air melawan Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com