Kompas.com - 16/08/2021, 12:08 WIB
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada 14 Agustus 2021 menggelar wisuda secara daring kedua selama masa pandemi setelah wisuda daring pertama digelar pada bulan November 2020. DOK. UMJUniversitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada 14 Agustus 2021 menggelar wisuda secara daring kedua selama masa pandemi setelah wisuda daring pertama digelar pada bulan November 2020.

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada 14 Agustus 2021 menggelar wisuda secara daring kedua selama masa pandemi setelah wisuda daring pertama digelar pada bulan November 2020.

Yang menarik, dalam wisuda 2021 UMJ sekaligus  meluncurkan "Beasiswa Peduli" yang khusus diperuntukkan bagi siswa lulusan MA/SMA/SMK yang ditinggalkan orangtua akibat terpapar Covid-19.

"Dengan semangat Teologi Al-Ma’un yang mengajarkan bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Beasiswa ini murni urusan empati dan peduli. Beasiswa ini adalah bentuk kemanusiaan kami,” ungkap Rektor UMJ Ma’mun Murod, dalam seremoni wisuda virtual di di Auditorium UMJ, Ciputat, Tangerang Selatan.

Ma'mun Murod mengungkapkan, tahun ini Beasiswa Peduli diberikan kepada 142 siswa-siswi lulusan Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan yang ditinggal wafat salah satu atau kedua orangtuanya karena terpapar Covid-19.

Baca juga: Siswa Sekolah Penerbang Angkatan 98 Terpadu Ikuti Rangkaian Wisuda

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, jelas Rektor UMJ, kebijakan beasiswa diberikan UMJ dalam merespon masa pandemi Covid-19 ini sudah diawali dengan kebijakan beasiswa terkait Covid dalam dua model beasiswa.

Beasiswa pertama diperuntukkan untuk Warga Persyarikatan Muhammadiyah berupa potongan biaya kuliah sebesar 50 persen di semester pertama hingga ke tiga, dan semester empat hingga ke delapan sebesar 30 persen.

Sementara beasiswa kedua, untuk masyarakat umum, diberikan potongan sebesar 50 persen di semester pertama hingga semeter kedua.

Dalam kesempatan sama, Wakil Rektor III Misriandi menjelaskan, pemberian sebanyak 142 Beasiswa Yatim Piatu merupakan penggabungan angka 76 dan 66.

“Angka 76 merupakan usia kemerdekaan Indonesia tahun ini , dan angka 66 merupakan usia UMJ tahun ini," ungkap Misriandi.

Dengan semangat HUT ke-76 RI dan Milad UMJ ke-66, UMJ meluncurkan program 142 beasiswa yang secara khusus diperuntukan bagi putra-putri lulusan MA/SMA/SMK yang berstatus yatim, piatu atau yatim piatu,” jelas Misriandi.

Wisuda daring ke-2 kalinya selama pandemi ini merupakan wisuda untuk Program Doktor ke-4, Program Magister ke-42, Pogram Spesialis ke-1, Program Sarjana ke-73, dan program Diploma yang menghantarkan 1.612 wisudawan.

Dua orang tahfiz dari Fakultas Agama Islam dan Fakultas Kedokteran dan satu mahasiswa dari Fakutlas Kesehatan turut menjadi peserta wisuda daring bersama wisudawan terbaik Brenda Dinda Salsabila yang meraih IPK 4.00 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ.

Dalam wisuda tahun ini, UMJ meluluskan tiga orang sarjana Diploma III, 1.397 wisudawan program Sarjana S1, 140 wisudawan program magister, lima wisudawan Program Doktor, dan 16 wisudawan Program Spesialis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.