Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Sekolah Penerbang Angkatan 98 Terpadu Ikuti Rangkaian Wisuda

Kompas.com - 24/07/2021, 08:24 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai menyelesaikan pendidikan, siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) mengikuti rangkaian Wisuda Sekolah Penerbang Angkatan ke-98 Terpadu Tahun 2021 di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara, Ngoto Kabupaten Bantul, DIY, Jumat (23/7/2021).

Adapun rangkaiannya ialah ziarah di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara (AU). Ziarah dipimpin langsung oleh Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb Feri Yunaldi mewakili Komandan Lanud Adisutjipto.

Sesampainya di monumen tersebut, prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh pimpinan ziarah.

Baca juga: Lulusan SMA/MA, Mabes TNI Buka Rekrutmen Perwira PSDP Penerbang 2021

Setelah upacara penghormatan kepada arwah pahlawan selesai, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke setiap pusara para pahlawan.

Diantaranya Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh beserta para istri.

Menurut Kolonel Feri, tradisi ziarah ke makam pahlawan merupakan bentuk penghormatan dari generasi penerus TNI Angkatan Udara.

Tentu dalam hal ini adalah siswa Sekolah Penerbang kepada nilai-nilai luhur perjuangan kepahlawanan perintis TNI AU.

Kolonel Feri memberikan pesan kepada para calon penerbang atau siswa Sekolah Penerbang agar mampu:

1. menghayati

2. meneladani

3. mengimplementasikan

"Tentunya semua dapat mengimplementasikan semangat juang para Pahlawan dalam melanjutkan tugas pengabdian selaku insan dirgantara", tegasnya.

Baca juga: Ini Formasi CPNS TNI AU 2021 bagi Lulusan SLTA, D3 dan S1

Setelah acara ziarah selesai dilanjutkan Tradisi Lari Bersama yang dimulai dari Muspusdirla diikuti oleh para siswa sekbang Angkatan 98 Terpadu kemudian dilanjutkan Upacara Tradisi Penyerahan Brevet Wing Penerbang.

Kegiatan ziarah itu dihadiri para Kepala Dinas, para Instruktur Penerbang dan siswa sekolah penerbang Angkatan 98 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com