Kompas.com - 06/08/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi beras. FREEPIK/JCOMPIlustrasi beras.

KOMPAS.com - Tak perlu menunggu lulus untuk memulai bisnis, langkah ini dilakukan Bayu Aji Pangestu, mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan IPB University.

Mahasiswa yang akan diwisuda pada 25 Agustus 2021 ini, sudah mengawali usaha bisnisnya dengan membentuk platform Smartkandang.com untuk usaha distribusi ayam di tahun 2018.

Start-up yang bergerak di bidang pendistribusian daging ayam broiler ini area layanannya sudah mencapai delapan kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi dan Banjarbaru.

Selain distribusi daging ayam potong, Bayu juga menjalankan usaha produk Beras Sahalam.

Menurutnya, berbisnis di bidang bahan pokok menjadi bisnis yang tidak akan pernah mati peminatnya. Ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok sehari-harinya.

Baca juga: Cerita Lulusan SMK Buka Bisnis Kuliner Beromzet Rp 150 Juta Per Bulan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Beras Sahalam saya dirikan pada awal tahun 2021, tepatnya pada bulan Februari, di Bogor. Beras Sahalam cukup banyak diminati oleh konsumen terutama di daerah Jabodetabek,” jelasnya seperti dirangkum dari laman IPB, Jumat (6/8/2021).

Dari Beras Sahalam saja, Bayu bercerita berhasil mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Per bulan sekitar Rp 45 juta rupiah dengan penjualan rata-rata mencapai 6 ton lebih.

Bayu Aji Pangestu, mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan IPB UniversityDok. IPB University Bayu Aji Pangestu, mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan IPB University

Beras tanpa pemutih dan pengawet

Ia menjelaskan, Beras Sahalam adalah beras organik yang proses pascapanennya menggunakan teknologi tinggi. Beras Sahalam tidak menggunakan campuran bahan kimia seperti pemutih maupun pengawet.

Membuat Beras Sahalam diklaim aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

"Beras Sahalam memiliki standar kualitas premium dan harga yang terjangkau, yakni hanya Rp 49.000 per lima kilogram. Tekstur nasi yang dihasilkan pun pulen dan wangi. Tak hanya itu, karena sudah bekerja sama dengan Blibi, kami memberikan promo gratis ongkir,” ujar Bayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.