Kompas.com - 06/08/2021, 17:32 WIB
Potret gedung Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten. DOK. CHRISTOPHER MICHAELPotret gedung Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tiga program studi (Prodi) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meraih asesmen internasional dari ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) dengan predikat "Adequate as Expected".

Itu karena telah memenuhi syarat kriteria asesmen internasional dari AUN-QA.

Baca juga: Tiga Prodi UGM Raih Akreditasi Internasional

AUN-QA merupakan organisasi jejaring universitas yang memberikan assessment atas tata kelola pendidikan berbasis luaran (outcome based education) kepada universitas-universitas di ASEAN yang menjadi anggotanya.

Tiga prodi yang peroleh asesmen internasional dari AUN-QA, yaitu Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Desain Komunikasi Visual.

Raihan itu diumumkan pada Jumat (30/7/2021), setelah proses penilaian atau asesmen yang terlaksana pada 28 Juni sampai 2 Juli 2021.

Pendidikan tinggi membutuhkan pengukuran secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan dalam menjamin kualitas mutu pendidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencapaian yang membanggakan ini menjadi bukti komitmen UMN dalam menjamin kualitas pendidikan yang diakui secara internasional.

Education Quality Assurance Manager UMN, Stefanus Bambang Widiatnolo menyatakan, ada 11 kriteria yang dijadikan dasar penilaian asesmen AUN-QA.

Beberapa kriteria itu meliputi aspek capaian pembelajaran lulusan atau Expected Learning Outcome (ELO), aspek kurikulum, proses, dan penilaian pembelajaran, dan aspek sumber daya manusia (SDM).

"Kemudian, ada aspek fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran mahasiswa, aspek pengembangan kualitas berkelanjutan atau Quality Enhancement, serta aspek luaran sebagai cerminan kualitas pendidikan," ucap dia melansir laman UMN, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Dosen Unair Beri 5 Tips Merawat Kulit di Masa Pandemi Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.