Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2021, 08:29 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Delegasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menyabet 14 medali dari ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) 2021.

Kompetisi ini berlangsung secara daring 27-30 Juli 2021. Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Suherman menerangkan, dari pengumuman yang dirilis secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melalui platform Youtube, UGM berhasil memborong 14 medali dari bidang Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia.

Baca juga: Guru Besar UNY Ungkap Manfaat Olahraga Saat Pandemi Covid-19

Menurut Suherman, perolehan medali tersebut terdiri dari 2 emas, 6 perak, 5 perunggu, dan 1 Honorable Mention.

"Hasil seleksi tingkat nasional tersebut sekaligus mengantarkan UGM pada posisi Juara Umum 3 setelah ITB dengan 18 medali dan UI mengumpulkan 15 medali," ungkap Suherman seperti dikutip dari laman UGM, Sabtu (31/7/2021).

Suherman menerangkan, dalam KN MIPA 2021, UGM mengirimkan 17 mahasiswa. Dari jumlah tersebut 14 diantarnya berhasil menyumbangkan medali bagi UGM.

Baca juga: 3 Tips Berinvestasi Era Digital ala Dosen UNS

Medali emas

Medali emas berhasil diraih oleh Joana Sugiarto (Fakultas MIPA) di bidang Kimia Fahreezan Sheeraz (Fakultas MIPA) di bidang Matematika.

Medali perak

Mahasiswa yang berhasil meraih medali perak antara lain I Gusti Made Raka Alpin A. (Fakultas Biologi) di bidang Biologi.

Fani Haerul Anam R. (Fakultas MIPA), I Komang Sadhu Gunawan (Fakultas MIPA), dan Naelufa Syifna Wifaqotul Muna (Fakultas MIPA) di bidang Matematika. Alvin Surya Putra (Fakultas MIPA) dan Gusti Putu Surya Govinda A. (Fakultas Teknik) di bidang Fisika.

Baca juga: Ingin Jadi Programmer? Ikuti Beasiswa Candradimuka Jabar Coding Camp

Medali perunggu

Sedangkan medali perunggu berhasil disabet oleh Muhammad Fadlan (Fakultas MIPA) di bidang Matematika. Dayanu Ikhsanuddin (Fakultas MIPA)dan Virna Agustisari (Fakultas MIPA) di bidang Kimia Nicholas Gilang P. K. (Fakultas MIPA) di bidang Fisika.

Sasangka Adhita Nugraha (Fakultas Biologi) di bidang Biologi. Sedangkan Pratama Atha Nafi (Fakultas Biologi) berhasil memperoleh Honorable Mention di bidang Biologi.

"Kerja keras masa persiapan di tengah banyak keterbatasan pandemi menghasilkan prestasi yang baik," tandas Suherman.

Bisa menginspirasi mahasiswa lainnya

Suherman berharap, prestasi ini bisa menjadi inspirasi mahasiswa lainnya agar tetap produktif dan berprestasi karena begitu banyak ajang kompetisi bidang penalaran, kreativitas dan kewirausahaan yang diadakan Kemendikbud Ristek tahun ini.

KN MIPA adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca juga: Webinar Unair: Manfaat Polifenol Turunkan Risiko Kanker dan Diabetes

Kompetisi ini memperlombakan empat bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, serta Biologi. Pada tahun ini kompetisi diikuti sebanyak 260 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com