Kompas.com - 04/07/2021, 14:33 WIB
Ilustrasi sayur dan buah. Semua bagian sayur dan buah bisa diolah secara maksimal. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi sayur dan buah. Semua bagian sayur dan buah bisa diolah secara maksimal.
|

KOMPAS.com - Guna mencegah terpapar Covid-19, setiap orang kini harus bisa menjaga imunitas tubuhnya. Selain patuh pada protokol kesehatan, olahraga juga penting dilakukan.

Tak hanya itu saja, banyak cara bisa dilakukan agar setiap orang bisa sehat dan terhindar dari Covid-19. Seperti diungkapkan Dr. Toto Sudargo, M.Kes, Ahli Gizi FKKMK UGM.

Menurutnya, kini penularan Covid-19 semakin tinggi. Karena itu ia menyarankan untuk setiap individu melakukan olahraga yang teratur dengan intensitas sedang.

Baca juga: Pakar IPB: Tiga Rempah Ini Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

Olahraga dengan intensitas sedang tersebut adalah olahraga 3-5 kali per minggu dengan durasi 30-45 menit. Olahraga tersebut bisa dilakukan di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari pagi.

"Neural exercise, misalnya pernafasan, vokalisasi dan postur untuk menjaga kesehatan dan physical exercise untuk menjaga kebugaran," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi UGM.

"Selain itu, istirahat yang cukup dan selalu berpikir yang positif pada hal-hal yang ada di sekitar kita, juga hidup damai dan selalu bahagia," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Toto mengatakan tips tingkatkan imun saat di awal pandemi dan saat ini pada prinsipnya sama. Hanya saja untuk saat ini sudah didukung dengan adanya vaksinasi Covid-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Perbanyak buah dan sayur

Meski telah divaksin, namaun masyarakat tetap diharapkan menjalankan perilaku disiplin protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Selain itu, tak kalah penting ialah menghadirkan standar gizi sederhana untuk meningkatkan imun. Yaitu dengan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

Bisa pula dengan makanan-makanan mengandung zat gizi spesifik yang berperan langsung dalam menunjang berbagai aktifitas sistem imun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.