Kompas.com - 19/06/2021, 08:06 WIB
Ilustrasi Kampus Shutterstock.comIlustrasi Kampus

KOMPAS.com - Bagi kamu yang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Airlangga (Unair) masih membuka peluang untuk jalur Mandiri.

Termasuk, peluang bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) dapat mengikuti seleksi pendaftaran. Pernyataan itu diungkapkan oleh Rektor Unair, Moh. Nasih.

Ia mengatakan Unair membuka kesempatan seluas-luasnya untuk para calon mahasiswa yang memiliki kendala dalam hal finansial. Pihaknya menekankan jika masalah finansial tidak menjadi hambatan seseorang untuk bisa menempuh pendidikan di Unair.

“Unair sangat berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang akademik namun terkendala ekonomi,” ungkap Prof Nasih dilansir dari laman Unair.

Terkait dengan pendaftaran mahasiswa jalur Mandiri itu, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Achmad Solihin mengungkapkan bahwa pendaftaran jalur mandiri masih dibuka hingga tanggal 20 Juni 2021.

“Kami masih memberi kesempatan kepada siswa-siswi yang kemarin belum beruntung di SNMPTN atau SBMPTN, bisa mendaftar pada jalur Mandiri,” terang Solihin.

Baca juga: Kolaps Saat Olahraga, Pakar Unair: Lakukan Pertolongan Pertama Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembukaan pendaftaran untuk peserta KIP-Kuliah pada jalur Mandiri ini dikarenakan kuota KIP-Kuliah pada jalur SNMPTN dan SBMPTN belum terpenuhi. Jalur Mandiri 2021 Unair dibuka untuk semua program studi (prodi) S1 yang berjumlah 44 prodi.

Pada jalur Mandiri ini, lanjut Solihin, peserta dengan KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Namun, peserta KIP-Kuliah yang telah melakukan pendaftaran dan telah melakukan pembayaran, biaya tidak dapat ditarik ulang.

Jika lolos penerimaan mahasiswa baru, seleksi pembiayaan kuliah peserta dengan KIP-Kuliah akan dilakukan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X