Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER EDUKASI] 10 SMK Terbaik Nasional Berdasar Nilai UTBK | BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA-SMK | JNE Buka 4 Lowongan Kerja Lulusan SMA-SMK

Kompas.com - 24/05/2021, 13:22 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi ke SMK, informasi sekolah unggulan selalu diburu setiap tahunnya. Hal ini, untuk membantu para pelajar menentukan langkah mereka dalam memilih sekolah.

Kali ini, ada 10 SMK terbaik dengan rerata hasil Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Informasi 10 SMK terbaik se-Indonesia ini menjadi berita paling populer di kanal edukasi Kompas.com.

Selanjutnya, pada urutan kedua, ada berita mengenai Bank Central Asia (BCA) yang memberikan beasiswa bagi lulusan SMA dan SMK melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Pendaftarannya, dibuka 3 Mei hingga 31 Agustus 2021.

Lalu di urutan ketiga, berita PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE sedang membuka lowongan kerja bagi lulusan SMA dan SMK. Ada empat posisi yang dibuka oleh perusahaan penyedia ekspedisi ini. Berikut tiga berita populer sepanjang Selasa hingga Senin (18-24/5/2021).

1. 10 SMK Terbaik Nasional Berdasar Rerata Nilai UTBK 2020

Top 10 SMK berdasar rerata nilai UTBK 2020.Tangkapan layar Youtube LTMPT Official Top 10 SMK berdasar rerata nilai UTBK 2020.

Beberapa bulan yang lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengadakan webinar "Kiat Sukses Masuk Perguruan Tinggi Pilihan dan Pengumuman Peringkat Sekolah berdasarkan Nilai UTBK 2020".

Pada kesempatan itu, Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih meluncurkan daftar SLTA yang masuk 1.000 terbaik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020.

Dari sebanyak 1.000 SLTA itu ternyata disaring dari banyak sekolah yang pesertanya mengikuti UTBK 2020.

"Sekali lagi, kami hanya mengurutkan dari yang tertinggi hingga terendah. Atau ini berdasarkan rata-rata nilai TPS UTBK 2020," jelas Prof. Nasih. Dari urutan tersebut, ada 10 SMK terbaik se Indonesia dengan posisi pertama ditempati oleh SMK-SMAK Bogor Jawa Barat (peringkat 166 nasional). Jika tertarik mengetahui 9 sekolah sisanya yang terbaik se Indonesia, buka tautan ini

Baca juga: PPDB 2021: Ini Aturan Jalur Zonasi Versi Permendikbud

2. BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Ilustrasi Bank BCA (Dok. BCA) Ilustrasi Bank BCA (Dok. BCA)

BCA kembali membuka beasiswa untuk lulusan SMA/SMK untuk kuliah gratis melalui Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) dan Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) untuk tahun 2022.

PPTI/PPBP merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh BCA guna menghasilkan tenaga kerja profesional di bidang akuntansi, keuangan dan teknik informatika.

Program pendidikan akan berlangsung selama 2,5 tahun bertempat di BCA Learning Institute. Lulusan beasiswa ini, para mahasiswa akan berkesempatan mendapatkan penawaran kerja di BCA.

Pendaftaran Beasiswa BCA 2022 berlangsung 3 Mei-31 Agustus 2021. Rinciannya, bisa dilihat di tautan berikut ini

Baca juga: Beasiswa LPDP S2 Reguler Sudah Dibuka, Cek Syaratnya

3. JNE Buka 4 Lowongan Kerja Lulusan SMA dan SMK, Daftar di Sini

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE sedang membuka lowongan kerja bagi lulusan SMA dan SMK. Ada empat posisi yang dibuka.

JNE merupakan perusahaan yang melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Puluhan tahun berkiprah, kini JNE telah melayani di 6.000 lokasi, dengan jumlah karyawan lebih dari 40.000 orang.

Melansir laman JNE.sub, Selasa (18/5/2021) memberitahukan empat posisi lowongan kerja yang sedang dibuka oleh JNE akan ditempatkan di daerah sekitar Surabaya dan Sidoarjo.

Jika berminat, ini tautan yang bisa dibuka untuk mengetahui rincian pendaftaran.
Baca juga: Lowongan Kerja Lion Air 2021 bagi Lulusan SMA/SMK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com