Kompas.com - 23/05/2021, 15:14 WIB
IPB University Dok. IPBIPB University
|

KOMPAS.com - Tak tanggung-tanggung, kali ini mahasiswa IPB University bakal ikut Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) secara besar-besaran.

Tahun ini, ada sebanyak 3.513 mahasiswa yang bakal disebar ke seluruh penjuru Indonesia. Lantas, apa tujuannya?

Melansir laman IPB University, Jumat (21/5/2021), Rektor IPB University, Prof. Arif Satria berpesan agar momentum KKNT ini menjadi suatu arena pembelajaran. Sebab, sekarang eranya pembelajaran dengan pola-pola induktif.

Baca juga: Turunkan Kolesterol dengan Infused Water Inovasi Mahasiswa UMM

"Pelajaran-pelajaran di lapangan merupakan pelajaran berharga. Jadikan berbagai hal yang ditemukan di lapangan adalah sekolah dan guru kita," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB University.

Alam dan lingkungan sebagai sekolah

Prof. Arif juga berpesan agar menjadikan alam dan lingkungan sebagai sekolah. Sementara masyarakat, petani, pemuda, peternak adalah guru kita. Selain itu modal yang penting menjadi mahasiswa adalah berjiwa humble.

"Ilmu kita bukan segala-galanya, masyarakat memiliki knowledge luar biasa, kearifan lokal yang luar biasa. Sehingga humble merupakan modal penting pembelajar,” tegasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu diharapkan dari pelaksanaan KKNT ini, kehadiran IPB University semakin dirasakan oleh masyarakat.

Keberadaan mahasiswa di lokasi KKNT diharapkan tidak hanya sekedar untuk transfer teknologi, akan tetapi ada take and give sehingga masyarakat dan mahasiswa juga IPB University sebagai institusi meninggalkan kesan yang bermakna.

Baca juga: Riset UGM: Mahasiswa Perlu Skill Ini agar Dapat Pekerjaan Ideal

"Saya berharap mahasiswa dapat memberi semangat baru dan menginspirasi. Bangkitkan semangat pelajar di desa untuk membangun daerahnya," tuturnya.

"Semangat agar anak-anak desa punya cita-cita juga punya kemauan. Saya berharap pula mahasiswa dapat berkontribusi dalam menyebar inspirasi, menebar optimisme. Sehingga anak desa punya mimpi besar dalam hidupnya," imbuhnya.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X