Kompas.com - 18/05/2021, 07:47 WIB
Undip KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUndip
|

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, Universitas Diponegoro (Undip) masih membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri (UM).

Pada Tahun Akademik 2021/2022, Undip memberi kuota penerimaan sebanyak 5.089 mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri untuk 51 program studi (Prodi) sarjana (S1).

Adapun pendaftaran jalur UM Undip dibuka hingga 17 Juni 2021. Jadi, sampai sekarang pendaftaran masih dibuka bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Undip.

Baca juga: Ternyata Segini Biaya Kuliah UI 2021 Jalur Mandiri

Melansir laman Undip, Senin (17/5/2021), Ujian Mandiri Undip terbagi menjadi dua program, yaitu:

1. UM Regular (4.686 kursi)

2. UM International Undergraduate Program atau IUP (403 kursi)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk sistem penilaiannya tidak menggunakan hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), namun menggunakan hasil ujian online yang akan dikombinasikan dengan portofolio dari calon mahasiswa.

Nantinya, ujian online akan dilakukan melalui portal khusus. Sedangkan materi yang diujikan terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA).

Adapun yang dimaksud dengan portofolio calon mahasiswa adalah nilai prestasi dari pendaftar mulai semester 1-6 selama duduk di bangku SMA/sederajat ditambah dengan pengetahuan umum wawasan kebangsaan.

Daftar 51 prodi

Secara garis besar ada 34 program studi Saintek dan 17 program studi soshum yang menerima calon mahasiswa dari jalur UM di TA 2021/2022.

Baca juga: Mahasiswa UB Ingin Kuliah Luar Negeri? Bisa, Ini Syaratnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X