Kompas.com - 04/05/2021, 16:17 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa
|

KOMPAS.com - Ada kabar baik bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada jalur penerimaan Seleksi Mandiri ITB, uang kuliah tunggal (UKT) bisa gratis.

Hanya saja, ini berlaku bagi mahasiswa kurang mampu. Adapun informasinya ialah pada Seleksi Mandiri 2021, ITB memberikan keringanan pada mahasiswa kurang mampu, berupa pembebasan dari biaya pendaftaran dan pembayaran UKT.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring M.Eng., seperti dilansir dari laman ITB, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Tips Perkuat Personal Branding Mencari Kerja

"ITB memberikan pembebasan biaya pendaftaran bagi pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K," ujar Prof. Jaka Sembiring.

Nantinya, calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP Kuliah atau keterangan tidak mampu.

Adapun biaya pendaftaran jalur Seleksi Mandiri yaitu sebesar Rp 200 ribu untuk seluruh prodi selain prodi di FSRD, dan Rp 300 ribu untuk FSRD.

Kriteria utama prestasi akademik

Tak hanya itu saja, ITB juga bakal memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi.

"Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB," tegasnya.

Dijelaskan, jalur Seleksi Mandiri dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi.

Namun demikian pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X