Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Alternatif Media Pembelajaran, UNJ Luncurkan Edura TV

Kompas.com - 03/05/2021, 10:33 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meluncurkan Edura TV.

Edura TV merupakan TV kampus yang akan menampilkan kegiatan-kegiatan di UNJ maupun di luar UNJ serta sebagai media yang menghubungkan dan mendekatkan UNJ kepada masyarakat.

Rektor UNJ, Komarudin menerangkan, perkembangan media digital saat ini begitu pesat, termasuk di dalamnya TV digital.

Media ini tentu sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan upaya pencerdasan bangsa.  

Baca juga: Hardiknas 2021: Ini 4 Hal yang Diterapkan Jokowi Semasa Sekolah

Berikan pembelajaran melalui media digital

Sehingga, UNJ sebagai lembaga pendidikan tinggi tentu perlu adaptif dengan perkembangan media digital yang ada.

Selain itu juga harus mampu memanfaatkan keunggulan media digital ini sebagai media transformasi pendidikan.

"Baik untuk keperluan internal UNJ maupun untuk upaya yg lebih luas, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Komarudin seperti dikutip dari laman UNJ, Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut Komarudin mengungkapkan bahwa pada sisi lain sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU), maka UNJ harus mampu menangkap peluang dari kebermanfaatan media digital untuk memperoleh revenue atau income generating.

Potensi UNJ yang bisa dikembangkan

Baca juga: Peringati Hardiknas, Yuk Ketahui Sisi Lain Ki Hadjar Dewantara

Menurut Rektor, UNJ punya banyak potensi yang bisa diaktualisasikan dan dikonversi menjadi income generating, misalnya dari bidang:

"Semua itu bisa dikemas menjadi program dan komoditas media digital yg marketable. Dua fungsi utama inilah yang menjadi alasan penting berdirinya Edura TV, Media Transformasi UNJ, unit bisnis di bawah Edura UNJ sebagai University Bussines Center UNJ," papar Rektor Komarudin.

Baca juga: Rayakan Hardiknas, UGM Komitmen Wujudkan Kampus Merdeka Terarah

Sebagai wadah berbagai potensi

Rektor UNJ menambahkan, pada tahap awal Edura TV ini digawangi oleh Edura UNJ dan UPT Humas sampai mampu berdiri sendiri sebagai unit bisnis.

Namun ke depan, Edura TV menjadi tempat persemaian berbagai bakat, potensi, kreasi, dan inovasi yang dimiliki civitas UNJ.

"Keberadaan Edura TV ini juga untuk kemajuan civitas UNJ, masyarakat dan bangsa Indonesia, utamanya dalam bidang pendidikan," imbuh Rektor.

Baca juga: Anak Usaha Telkom Buka Lowongan Kerja Lulusan D3/S1

Sementara Ketua Pelaksana Peluncuran Edura TV dan juga Kepala Media Humas UNJ Syaifudin menambahkan, dengan peluncuran Edura TV ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses informasi tentang UNJ melalui platform berbasis media digital ini.

"Selain itu juga Edura TV dapat menjadi media yang dapat memberikan berbagai informasi mengenai berbagai inovasi pendidikan yang ada di sekolah maupun di UNJ sendiri," urai Syaifudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com