Satu Dekade, Sekolah Kesatuan Bangsa Gelar "Perayaan Sedekade Berjuang Bersama"

Kompas.com - 27/04/2021, 12:13 WIB
Acara puncak satu dekade Kesatuan Bangsa School, Bantul, DI Yogyakarta, berlangsung pada Sabtu, 17 April 2021, yang dihadiri siswa, guru, orangtua, dan seluruh warga sekolah. Turut hadir Rindangsari Kurniawati (Pembina Yayasan Pendidikan Kesatuan Bangsa Mandiri), dan Isdarmoko (Kadisdikbud Bantul). DOK. KESATUAN BANGSA SCHOOLAcara puncak satu dekade Kesatuan Bangsa School, Bantul, DI Yogyakarta, berlangsung pada Sabtu, 17 April 2021, yang dihadiri siswa, guru, orangtua, dan seluruh warga sekolah. Turut hadir Rindangsari Kurniawati (Pembina Yayasan Pendidikan Kesatuan Bangsa Mandiri), dan Isdarmoko (Kadisdikbud Bantul).

KOMPAS.com - Menggelar peringatan ulang tahun sekolah di tengah masa pandemi, Kesatuan Bangsa School, Bantul, DI Yogyakarta, mengangkat tema menarik mengambil terminologi yang dekat di masa pagebluk ini: PSBB.

PSBB dimaksud dalam peringatan 10 tahun Kesatuan Bangsa School (KBS) adalah Perayaan Sedekade Berjuang Bersama. Pemilihan tema ini mengacu pada miles stone atau penanda 10 tahun perjalanan KBS sejak pertama kali didirikan tahun 2011 dalam mendidik anak bangsa  menjadi generasi emas Indonesia.

"Merefleksi sepuluh tahun usia KBS, tentu banyak yang patut disyukuri. Berbagai penghargaan telah dicapai, baik dalam tingkat regional, maupun internasional," ungkap Ahmad Nurani, Kepala Sekolah SMA Kesatuan Bangsa melalui rilis resmi (27/4/2021).

Lebih jauh Ahmad Nurani menjelaskan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini KBS Day (sebutan untuk ulang tahun Kesatuan Bangsa School) diselenggarakan secara virtual dan daring.

Baca juga: [POPULER EDUKASI] Alasan Awak Kapal Selam Tidak Keluar dari Pintu Emergency | Kunci Sukses Jadi Peternak Ayam Kampung | Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Ragam kegiatan dan lomba

Acara puncak satu dekade KBS telah berlangsung pada Sabtu, 17 April 2021, yang dihadiri siswa, guru, orangtua, dan seluruh warga sekolah. Turut hadir Rindangsari Kurniawati (Pembina Yayasan Pendidikan Kesatuan Bangsa Mandiri), dan Isdarmoko (Kadisdikbud Bantul).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Acara yang berlangsung secara daring dan disiarkan melalui Youtube sekolah ini dilaksanakan oleh OSIS Kesatuan Bangsa di mana para siswa menampilkan bakat mereka di bidang seni seperti menyanyi, membaca puisi, dan bermain alat musik.

Seluruh penampilan dirangkai dalam satu alur cerita yang menggambarkan para siswa pembawa acara berkeliling mengumpulkan "energi baik" dari seluruh Nusantara.

Selain itu, terdapat pula penampilan salah satu finalis lomba story telling "Caltissimo 2021" yang juga diselenggarakan Kesatuan Bangsa School serta kuis interaktif yang membuat para penonton di dalam ruangan Zoom tidak bosan dan bisa berpartisipasi aktif selama acara berlangsung. 

Selain penampilan bakat para siswa Kesatuan Bangsa School, KBS Day 10 ini juga menjadi tempat untuk mengumumkan nama-nama juara "Caltissimo 2021".

"Caltissimo 2021" sendiri merupakan rangkaian lomba yang diselenggarakan 18 Maret-16 April 2021 bagi siswa SD kelas 4-6, SMP, dan SMA di Indonesia untuk memperingati hari ulang tahun KBS ke-10.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X