Kompas.com - 25/04/2021, 20:34 WIB
Kelelawar tertidur terbalik onekindplanet.orgKelelawar tertidur terbalik
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kelelawar identik dengan binatang yang biasa beraktivitas di malam hari.

Nama kelelawar juga sempat disebut-sebut sebagai binatang yang menyebarkan virus corona di Wuhan, Tiongkok pada awal pandemi Covid-19 hingga akhirnya terjadi secara global tahun lalu.

Binatang kelelawar ini juga punya kebiasaan unik lho. Mereka selalu menggantung di langit-langit gua, dahan, atap atau beberapa tempat lain yang biasa digunakan untuk tinggal.

Ternyata kebiasaan kelelawar tidur terbalik atau selalu menggantung dan tidak pernah mendarat di tanah ini ada penyebabnya lho.

Baca juga: Super Indo Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK

Penyebab kelelawar selalu menggantung

Mengutip dari akun Instagram Institut Pertanian Bogor (IPB), Dosen Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Abdul Haris Mustari mengatakan, kelelawar termasuk dalam Ordo Chiroptera.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yakni mamalia yang mampu terbang secara sempurna dengan menggunakan sayap.

Abdul menerangkan, keunikan kelelawar dibandingkan dengan jenis mamalia lain adalah posisinya yang selalu menggantung dengan bagian kepala beradadi bawah (hang upside-down) di tempat bertenggernya (roasting sites). Baik di gua, pohon atau pada bangunan.

Baca juga: Ingin Jadi Peternak Ayam Kampung? Ini Kunci Sukses dari Pakar UGM

"Karena posisi kelelawar selalu menggantung dan tidak pernah mendarat di tanah karena evolusi dan perubahan yang sangat signifikan pada tubuh kelelawar," kata Abdul seperti dikutip dari akun Instagram resmi IPB, Minggu (25/4/2021).

Abdul mengungkapkan, kelelawar juga memiliki keunikan lainnya, antara lain:

1. Mamalia ini memiliki kemampuan terbang karena evolusi pada tungkai atau lengan depan yang bermodifikasi menjadi sayap.

Baca juga: Panleukopenia, Pakar IPB: Penyakit pada Kucing yang Mematikan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X