Kompas.com - 25/04/2021, 18:27 WIB
|

KOMPAS.com - Masyarakat tentu masih ingat kejadian akhir Januari 2021 yang dialami siswi non-muslim di salah satu sekolah negeri di Padang terkait adanya kewajiban memakai jilbab di lingkungan sekolah.

Kejadian itu menjadi viral hingga jadi perhatian pemerintah pusat. Tentu karena hal ini melanggar HAM dan keberagaman.

Terkait hal itu, pada 3 Februari 2021, Mendikbud, Menag, dan Mendagri bertemu, berdiskusi dan memutuskan tentang penggunaan pakaian seragam dan atribut sekolah.

Baca juga: Ini Manfaat Pohon Pisang, Siswa Harus Paham

Tentu bagi siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah yang diselenggarakan Pemerintah Daerah pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hal ini kemudian tertuang dalam SKB 3 Menteri tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut.

Merangkum akun Instagram Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (23/4/2021), berikut ini 6 ketentuan atau aturan seragam sekolah.

Ada 6 ketentuan mengenai seragam dan atribut sekolah:

1. Berhak memilih

Peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah yang diselenggarakan Pemerintah Daerah pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah berhak memilih pakaian seragam dan atribut dengan kekhasan dan tanpa kekerasan agama tertentu sesuai ketentuan perundang-undangan.

2. Tidak ada pemaksaan

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.