Kompas.com - 23/04/2021, 16:10 WIB
Undip KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUndip
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) masuk 200 perguruan tinggi terbaik dunia dari hasil pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021.

Ada 7 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk peringkat 200 terbaik dunia bersama Undip, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Baca juga: 18 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rangking 2021

Lalu ada Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI). Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Capaian beberapa perguruan tinggi di Indonesia patut diapresiasi, karena THE Impact Rankings adalah lembaga pemeringkatan yang membuat pemeringkatan terkait SDGs.

Peringkat SDGs merupakan cerminan meningkatnya kualitas dan implementasi di berbagai bidang dan kegiatan yang dilakukan perguruan tinggi dalam konteks tujuan pembangunan berkelanjutan.

Rektor Undip, Yos Johan Utama mengaku bersyukur tahun ini bisa masuk dalam rentang peringkat 101-200, sementara di tahun 2020 posisinya berada di rentang 301-400.

"Saya bersyukur ada progres. Itu artinya upaya memperbaki kualitas dan kualifikasi terus kami lakukan," kata dia melansir laman Undip, Jumat (23/4/2021).

Menurut dia, perbaikan peringkat di THE Impact Rankings 2021 juga terlihat pada skala nasional.

Pada THE Impact Rankings 2020, dalam skala nasional Undip berada di urutan ke-8. Namun di tahun 2021, posisi Undip naik peringkat ke-6 nasional.

Dia menegaskan cara pandang terhadap positioning pendidikan tinggi harus dilihat dari dua konteks secara seimbang, yakni nasional dan global.

Baca juga: Unpad Masuk 10 Besar Versi THE Impact Rankings 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X