Kompas.com - 23/04/2021, 14:01 WIB
Logo Universitas Padjajaran. UNPADLogo Universitas Padjajaran.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Padjajaran (Unpad) masuk dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021.

THE Impact Rankings merupakan penilaian atas kinerja perguruan tinggi dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Baca juga: 18 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rangking 2021

Penilaian dilihat dari sejauh mana aktivitas tridarma perguruan tinggi memiliki relevansi dengan 17 tujuan yang ditetapkan dalam SDGs.

Kepala Kantor Internasional Unpad, Ronny menjelaskan, THE Impact Rankings menilai 1.115 perguruan tinggi dari 94 negara di dunia pada tahun ini.

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu, di mana penilaian dilakukan kepada 766 universitas dari 85 negara.

"Pemeringkatan SDGs penilainnya semakin detail dari tahun ke tahun," ucap Ronny dalam keterangan resminya, Jumat (23/4/2021).

Dia mengaku, matriks penilaian tahun ini terdiri dari sejumlah indikator. Utamanya terletak pada aspek penelitian sebesar 27 persen.

Indikator ini melihat bagaimana riset dan publikasi dari perguruan tinggi berkorelasi dengan 17 tujuan dari SDGs.

Ronny memaparkan, penilaian riset dinilai antara tahun 2014 hingga 2018.

Baca juga: 4 Universitas Swasta Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rangking 2021

Hal ini dilakukan utnuk menilai performa konsistensi perguruan tinggi dalam melakukan riset dan publikasi terkait topik SDGs.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X