Kompas.com - 16/04/2021, 09:12 WIB
Gubernur Jabar saat mendengarkan laporan PPDB 2021 dari Kepala Disdik Jabar, Kamis (15/4/2021). DOK.Laman Disdik JabarGubernur Jabar saat mendengarkan laporan PPDB 2021 dari Kepala Disdik Jabar, Kamis (15/4/2021).
|

KOMPAS.com - Beberapa bulan lagi akan memasuki tahun ajaran baru 2021/2022. Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, tetapi pendidikan harus tetap berjalan.

Sebagai bentuk persiapan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) mengadakan kunjungan ke kantor Gubernur Jawa Barat, Kamis (15/4/2021).

Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi menyampaikan laporan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Baca juga: Siswa SMP, Ini Pengertian dan Contoh Bela Negara

Adapun laporan itu terkait Peraturan Gubernur (Pergub) dan Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB 2021. Tentu tujuannya agar pelaksanaan PPDB 2021 berjalan dengan lancar.

Dua prinsip dasar PPDB 2021

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan, pada dasarnya prinsip PPDB ada dua, yakni:

1. Harus transparan

2. Harus berprinsip keadilan

"Karena, pendidikan ini pada dasarnya harus menjangkau seluruh anak-anak," ujar Gubernur Jabar seperti dikutip dari akun Instagram Disdik Jabar.

Menurut Ridwan Kamil, agar transparan, publikasikan hasil seleksi secepat-cepatnya, seluas-luasnya dan harus dipastikan keadilan itu hadir.

Gubernur menegaskan kepada seluruh panitia PPDB 2021 agar tidak mengorbankan idealisme. "Ikuti aturan, patuhi prosedur. Saya tidak mau mendengar ada pihak yang bermain di luar yang telah disepakati dalam aturan PPDB," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X