VIK Virion Guru Avan, Komik tentang Covid-19 dan Kesenjangan Digital untuk Anak

Kompas.com - 08/04/2021, 10:44 WIB
VIK Guru Avan Kompas.comVIK Guru Avan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menyuguhkan masalah yang kompleks, mulai dari medis hingga sosial. Kita tidak hanya melihat masalah pembuatan vaksin dan inovasi alat deteksi SARS-CoV2, tetapi juga kesehatan mental serta kesenjangan digital dan pendidikan.

Kompas.com yakin bahwa semua orang berhak dan wajib belajar dari pandemi Covid-19. Kendati begitu, kami melihat masih banyak audiens yang kurang terlayani oleh media, di antaranya anak-anak dan remaja. Konten jurnalisme dan materi belajar terkait Covid-19 untuk mereka masih minim.

Sejak pertengahan tahun lalu, Visual Interaktif Kompas (VIK) mencoba membuat konten yang cocok untuk anak lewat serial Virion.

Kini, kami melanjutkan Virion untuk bercerita soal kompleksitas sosial Covid-19 pada anak-anak dan remaja.

Dalam serial “Guru Avan”, kami bercerita tentang kesenjangan digital dan pendidikan. Kami melengkapinya dengan materi belajar singkat soal internet sehingga anak bisa memakainya untuk memahami isu.

Kompas.com membuat konten ini berdasarkan wawancara dan data sekunder seperti data Pew Research Center (untuk kecepatan internet di Amerika Serikat dan data lain terkait akses internet) serta Badan Pusat Statistik (untuk demografi Madura dan data akses internet di Indonesia). Kami sangat gembira bila guru atau orangtua mau memanfaatkannya sebagai materi belajar.

Klik tautan ini untuk membaca komik Virion: Guru Avan.

Baca juga seri Virion sebelumnya di tautan-tautan ini:

Virion: Cerita Virus Corona buat yang Malas Serius

Virion: Cerita Virus Corona buat yang malas Serius - bagian 2

Virion: Petualangan Teks Menemukan vaksin Covid-19



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X