Kompas.com - 11/03/2021, 10:24 WIB
Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) Dok. AkmetAkademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet)

KOMPAS.com - Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 Program Studi D-III Metrologi dan Instrumentasi (non ikatan dinas).

Akmet merupakan Perguruan Tinggi di bawah naungan Kementerian Perdagangan saat ini membuka kesempatan bagi putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi.

Lulusan Akmet telah bekerja di berbagai institusi antara lain Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan, Unit Metrologi Legal di Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, PT. Schlumberger, PT. Angkasa Pura Supports, PT. Global Quality Indonesia, PT. Berca Schindler Lift, PT. Teknologi Rekayasa Katup dan berbagai perusahaan lainnya.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2021, Bebas Biaya Kuliah dan Tunjangan Bulanan

Lulusan pendidikan vokasi yang diselenggarakan oleh Akmet memiliki keunggulan dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemetrologian Nasional, karena selain diajarkan ilmu metrologi, mahasiswa juga dibekali dengan ilmu instrumentasi sehingga mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dengan kemajuan alat ukur.

Pendaftaran seleksi masuk Akmet berlangsung pada 8 Maret – 18 April 2021.

Cakupan

Akmet memberikan beasiswa biaya pendidikan penuh selama 6 (enam) semester. Mahasiswa dibebaskan dari uang pendaftaran, uang pangkal dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Bisnis Perbankan untuk Lulusan SMA-SMK

Persyaratan

1. Calon Mahasiswa berasal dari umum berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) dengan jurusan IPA atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan keahlian terkait bidang Ilmu Fisika (seperti Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, Instrumentasi, dan lain-lain yang terkait bidang Ilmu Fisika).

2. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam Akta Kelahiran tidak lebih dari 21 (dua puluh satu) tahun per 31 Desember 2021.

3. Persyaratan Nilai Rapor untuk mata pelajaran Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 70,00 (tujuh puluh koma nol nol) dengan skala 100 (seratus) dari Semester 1 Kelas X sampai dengan Semester 5 Kelas XII.

4. Surat keterangan konversi nilai skala 0-100 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (khusus bagi pendaftar yang nilainya menggunakan skala nilai huruf atau nilai skala 0-10). Format surat keterangan konversi nilai dapat diunduh di website http://akmet.kemendag.go.id

Baca juga: 6 Minggu Menuju UTBK-SBMPTN 2021, Yuk Ikut Try-Out Gratis Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.