Kompas.com - 02/03/2021, 16:00 WIB
Peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPeserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

KOMPAS.com - Mengikuti simulasi ujian atau try out tak hanya membantu kamu mengira-ngira berapa skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan kamu dapat, namun juga memetakan materi mana saja yang belum kamu kuasai.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menetapkan jadwal pelaksanaan tes UTBK 2021 yang dimulai pada 12 April 2021 yang terbagi atas 2 gelombang. Gelombang pertama pada 12-18 April 2021 dan gelombang kedua pada 26 April - 2 Mei 2021.

Untuk membantu calon mahasiswa lebih siap dalam menghadapi ujian, platform edukasi Zenius Education menggelar Try-Out Mingguan gratis yang bisa diikuti setiap hari dalam seminggu dan dimulai pada Maret 2021 ini.

Baca juga: 20 Prodi dengan Nilai UTBK-SBMPTN 2020 Tertinggi

Tak hanya sekadar memberikan soal, Zenius juga memberikan materi ujian lengkap, ada stimulasi waktu pengerjaan seperti ujian UTBK sesungguhnya, IRT Scoring alias penilaian UTBK, serta soal-soal yang diperbarui setiap minggu.

Try-out UTBK gratis ini bisa diikuti di aplikasi Zenius dengan masuk ke laman "6 Minggu Menuju #Jago UTBK".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kuasai materi UTBK, coba metode "belajar 20 menit"

Metode ‘spaced repetition’ merupakan strategi manajemen waktu yang memungkinkan kamu belajar dalam waktu singkat namun berkualitas alih-alih belajar di sesi 3-4 jam yang panjang.

Zenius menemukan bahwa siswa yang menerapkan metode belajar selama kurang lebih 20 menit selama dua kali sehari selama tiga kali seminggu, memiliki peluang lebih besar untuk lolos UTBK.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Temuan ini juga didukung oleh studi Cornell University yang menemukan bahwa rentang perhatian siswa berkurang setelah belajar selama 15-20 menit.

Artinya, semakin lama siswa belajar di setiap sesi, fokus mereka akan mudah terpecah dan mereka mudah lelah, sehingga efisiensi belajar mereka akan berkurang.

"Periode waktu belajar yang tetap akan membuat siswa untuk melakukan lebih banyak hal dalam periode yang lebih singkat dan dengan tambahan waktu istirahat setelah sesi belajar selama 20 menit, siswa akan dapat menjaga otak mereka tetap segar dan siap untuk menghadapi lebih banyak tantangan dan meningkatkan kemampuan mengingat," jelas CEO Zenius Rohan Monga.

Sementara itu, Honorary Research Associate dari Universitas Oxford, Paul Kelley, juga menemukan hal serupa dalam penelitiannya tahun 2016.

Baca juga: 30 Jurusan UI dengan Daya Tampung Terbanyak di SBMPTN 2021

Dia menemukan bahwa metode belajar ‘spaced repetition’, di mana siswa belajar dalam periode singkat yang intens dan diselingi dengan istirahat selama 10 menit dalam satu sesi pembelajaran selama 60 menit, mampu meningkatkan kinerja mereka.

Mereka bahkan memiliki prestasi lebih baik daripada siswa yang belajar sendiri atau siswa yang mengikuti pembelajaran tradisional di kelas dengan durasi lebih panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.