Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2021, 13:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ada kabar gembira bagi para siswa, orangtua siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Sebab, pemerintah kembali melanjutkan kebijakan bantuan kuota internet pada tahun 2021.

Tak hanya itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga menyatakan bahwa bantuan kuota internet diberikan selama tiga bulan ke depan, dimulai pada Maret ini.

Hal itu diungkapkan Mendikbud dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kemendibud RI, Senin (1/3/2021).

Akan tetapi, menurut Nadiem Makarim, kuota data internet tahun ini jumlah volumenya akan berkurang, atau tidak sebesar pada tahun lalu.

Baca juga: 4 Tips Optimalkan Bantuan Kuota Internet Kemendikbud

"Tapi, ada sedikit perbedaan karena kami mendengar masukan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas dari pada penggunaan kuota internet tersebut," tutur Nadiem.

"Jadi di tahun 2021, kita akan memberikan kuota tapi dengan giga yang lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya. Tetapi, kuota ini merupakan kuota umum," terang Mendikbud.

Karena itulah, kuota data internet nanti bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi.

Hanya saja, ada beberapa pengecualian. "Kecuali aplikasi-aplikasi yang diblokir, yaitu kebanyakan aplikasi permainan dan juga sosial media," tegas Mendikbud.

Meski demikian, hal ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat, terutama untuk menunjang pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring.

"Tapi kabar gembiranya, karena kuota umum, maka YouTube bisa digunakan. Karena kami mendengar dari banyak guru dan murid bahwa materi pembelajaran banyak dari YouTube juga," ungkap Nadiem.

Dengan begitu, penggunaannya akan jauh lebih fleksibel meskipun jumlah volume internet tidak sebesar sebelumnya.

"Jadi kami mendengarkan semua masukan dari masyarakat, ini adalah modifikasi yang kita lakukan sehingga kita bisa mencapai titik tengah di mana cukup giganya, tapi kualitas penggunaannya maksimal," tandas Mendikbud.

Baca juga: Tips Gunakan Bantuan Kuota Internet Secara Maksimal

Berikut ini besaran bantuan kuota internet:

1. Peserta didik PAUD: 7 GB/bulan

2. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah: 10 GB/bulan

3. Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah: 12 GB/bulan

4. Mahasiswa dan dosen: 15 GB/bulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com