Kompas.com - 01/03/2021, 15:00 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan apreasis kepada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil meraih peringkat pertama dalam Top Islamic University versi UniRank. Tangkap layar laman UMMMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan apreasis kepada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil meraih peringkat pertama dalam Top Islamic University versi UniRank.

KOMPAS.com- Lembaga pemeringkat perguruan tinggi di seluruh dunia, World University Ranking (UniRank) telah merilis Top Islamic University. Tiga perguruan tinggi Muhammadiyah berhasil masuk di 15 besar Top Islamic University versi UniRank.

Kali ini, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil berada di peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank.

Pemeringkatan Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank ini berdasarkan pada beberapa kriteria, antara lain:

1. Telah diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di negara yang bersangkutan.

2. Menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (sarjana) atau gelar pascasarjana (magister atau doktoral).

3. Melakukan perkuliahan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka dan non-jarak jauh.

Mendikbud apresiasi keberhasilan UMM

Atas keberhasilan UMM, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan apresiasi atas capaian tersebut.

“Saya Mendikbud Nadiem Makarim mengucapkan selamat kepada tiga perguruan tinggi Muhammadiyah yang telah berhasil menduduki 10 besar Top Islamic University versi UniRank. Yakni Universitas Muhammadiyah Malang pada peringkat I, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada peringkat IV serta Universitas Muhammadiyah Surakarta pada peringkat XIII,” terang Nadiem Makarim seperti dikutip di laman umm.ac.id, Senin (1/3/2021).

Baca juga: UMM Jadi Kampus Islam Terbaik Dunia Versi uniRank

Dengan keberhasilan ini Nadiem berharap, bisa menjadi semangat untuk seluruh universitas Muhammadiyah agar terus konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa.

Dengan prestasi ini, juga bisa membawa nama baik Indonesia ke tingkat dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X