Kompas.com - 19/02/2021, 14:29 WIB
Ilustrasi adaptasi kehidupan baru kampus UMM. Dok. Humas UMMIlustrasi adaptasi kehidupan baru kampus UMM.

KOMPAS.com- Pemeringkat universitas dunia, uniRank, merilis daftar kampus islam terbaik tahun 2021. Dari 408 kampus di seluruh dunia, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berada di urutan pertama.

Dilansir dari laman resmi uniRank, UMM mengalahkan Iran University of Science and Technology yang menempati posisi kedua dan Cairo University di posisi ketiga.

Selain UMM, masih banyak kampus islam di Indonesia yang masuk 10 besar. Keempat kampus tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di posisi keempat, Universitas Muhammadiyah Surakarta di peringkat delapan.

Baca juga: 20 Prodi dengan Nilai UTBK-SBMPTN 2020 Tertinggi

Lalu, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang peringkat kesembilan, dan Universitas Islam Indonesia di posisi kesepuluh.

Adapun, kampus islam lain yang masuk pemeringkatan ini ada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menduduki posisi ke-12 dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta di posisi ke-17.

Dalam pemeringkatan kampus terbaik, uniRank menggunakan berbagai kriteria, antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mendapat akreditasi resmi dan dilisensi oleh organisasi terkait, badan nasional dan daerah termasuk Kementerian Pendidikan di suatu negara.

2. Menawarkan minimal gelar sarjana atau pascasarjana (magister atau doktoral).

3. Memberikan kurikulum dalam format pendidikan tradisional dan tatap muka.

Baca juga: Daftar PTN Paling Banyak Terima Peserta SNMPTN dari Tahun ke Tahun

"Tujuan kami adalah untuk menyediakan tabel liga ulasan non-akademik dari universitas islam terbaik dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, tidak dipengaruhi siapapun dan sumber web independen dari data yang dikirim oleh universitas itu sendiri," tulis uniRank.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.