Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Kuota Internet Gratis 2021, Dinanti Guru dan Siswa

Kompas.com - 06/02/2021, 20:24 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Memasuki tahun ajaran 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan pemberian kuota gratis internet bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.

Bantuan berupa kuota gratis internet ini dinilai penting mengingat selama pandemi Covid-19 semua pelajar dan mahasiswa masih belajar di rumah.

Baru-baru ini Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menyampaikan bahwa tahun 2021, bantuan berupa kuota internet tetap akan dilaksanakan.

Program ini akan dilanjutkan di bulan Maret, April, dan Mei 2021.

Bantuan kuota gratis internet sangat membantu

Adanya bantuan kuota internet ini sebenarnya sangat membantu baik siswa maupun guru. Seperti yang diungkapkan Tim IT SMAN 3 Yogyakarta Rudi Hartanto. Adanya bantuan kuota internet ini bisa membantu siswa mengikuti pembelajaran yang biasanya dilakukan melalui video meeting seperti Zoom.

Baca juga: Kemendikbud Salurkan Kuota Internet Gratis ke 35,7 juta Pengguna

Menurut Rudi, semua siswa SMAN 3 Yogyakarta mendapatkan jatah kuota gratis internet Kemendikbud.

"Kecuali yang tidak mendaftarkan nomornya atau sudah mendaftar tapi ganti nomor baru tapi tidak melakukan konfirmasi," kata Rudi kepada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Sejak belajar di rumah diberlakukan, baik siswa dan guru SMAN 3 Yogyakarta mendapatkan kuota gratis internet Kemendikbud sebanyak 4 kali.

"Bantuan kuota gratis ini sangat kami nantikan. Semoga segera terealisasi," ungkap Rudi.

Aturan kuota internet gratis 2020

Melansir laman kuota-belajar.kemdikbud.go.id, kuota internet yang diberikan terdiri dari dua macam.

Yakni kuota umum yang merupakan kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Selain itu juga ada jenis kuota belajar yang merupakan kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Pembagian kuota internet gratis ini punya besaran yang berbeda. Bagi peserta didik jenjang PAUD besaran kuota internet yang diberian 20 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum, 15 GB kuota belajar. Durasi bantuan dilakukan selama 4 bulan.

Baca juga: Mendikbud: Ada Siswa dan Guru Belum Terima Kuota Internet Gratis

Peserta didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 35 GB per bulan. Dengan rincian 5 GB kuota umum, 30 GB kuota belajar dan durasi bantuan selama 4 bulan.

Sedangkan bagi Pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah mendapatkan kuota internet sebesar 42 GB per bulan. Dengan rincian 5 GB kuota umum, 37 GB kuota belajar dengan durasi bantuan 4 bulan.

Bagi dosen dan mahasiwa, bantuan kuota internet sebesar 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum, 45 GB kuota belajar dan durasi bantuan dilakukan selama 4 bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com