Kompas.com - 28/02/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi mahasiswa sedang melakukan kerja magang dari rumah. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa sedang melakukan kerja magang dari rumah.

KOMPAS.com- Calon mahasiswa yang masih menunggu pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak ada salahnya mencari informasi mengenai Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sesuai dengan jadwal dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SBMPTN dibuka pendaftarannya pada tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021.

Banyak sekali kampus di Indonesia yang selalu menjadi primadona dan didaftar siswa. Kadang, ada beberapa PTN yang tinggi animonya sehingga tidak sebanding dengan kuota yang dibuka.

Bagi calon mahasiswa baru, mencari informasi jumlah pendaftar dan peserta yang diterima di SBMPTN tahun lalu sangat penting.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

LTMPT sendiri telah merilis daftar universitas paling diminati beserta jurusan paling ketat di SBMPTN tahun lalu. Dari daftar tersebut, calon mahasiswa bisa memperkirakan peluang untuk lolos di universitas impian.

Merangkum dari laman Youtube LTMPT, berikut daftar universitas paling diminati di SBMPTN 2020:

1. Universitas Gadjah Mada

  • Peminat 2020: 62.507
  • Mahasiswa diterima: 2.454

Baca juga: 25 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Indonesia Versi 4ICU UniRank 2021

2. Universitas Brawijaya

  • Peminat 2020: 61.743
  • Mahasiswa diterima: 6.012

3. Universitas Padjadjaran

  • Peminat 2020: 56.446
  • Mahasiswa diterima: 2.437

4. Universitas Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X