Kompas.com - 25/02/2021, 15:17 WIB
Presiden Jokowi bersama Mendikbud Nadiem makarim saat di acara vaksinasi guru dan tenaga kependidikan di SMAN 70, Jakarta. DOK. Instagram Nadiem MakarimPresiden Jokowi bersama Mendikbud Nadiem makarim saat di acara vaksinasi guru dan tenaga kependidikan di SMAN 70, Jakarta.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, Presiden Jokowi meminta semua guru, termasuk guru honorer memperoleh vaksin.

"Pak Presiden meminta saya, agar semua guru dan tenaga kependidikan dapat vaksin. Dan vaksinasinya selesai di akhir Juni 2021," ucap Nadiem dalam Instagram resminya, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Vaksin Guru Selesai, Mendikbud: Belajar Tatap Muka Sekolah Dibuka Juli

Dia mengaku, perjuangan mendapatkan vaksin guru dan tenaga kependidikan didukung oleh Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunawan Sadikin.

Setelah proses vaksinasi guru selesai, maka siswa dapat memulai proses belajar tatap muka di sekolah.

"Dengan sistem belajar tatap muka secara terbatas di tahun ajaran baru," sebut dia.

Nadiem telah menyatakan sehari yang lalu, meski sekolah sudah belajar tatap muka, tapi siswa dan guru harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita ini harus bisa melatih kebiasaan baru, proses belajar tatap muka di sekolah dengan protokol kesehatan yang baik," tegas dia.

Dia mengaku, guru dan tenaga kependidikan menjadi prioritas vaksinasi tahap kedua, karena siswa di negeri ini sudah terlalu lama tidak belajar tatap muka di sekolah.

"Jadi esensinya itu, sekolah merupakan salah satu sektor yang sampai sekarang belum tatap muka. Dan risiko dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang terlalu lama itu sangat besar," ujar Mendikbud.

Karena risiko PJJ itu sangat besar untuk siswa, makanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil tindakan cepat dan gesit, agar guru dan tenaga kependidikan bisa memperoleh vaksinasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X